Sukses


5 Pesepak Bola Dunia yang Lebih Baik Segera Dijual: Demi Klub yang Sehat dan Tim yang Lebih Solid

Bola.com, Jakarta - Sudah lebih dari satu bulan bursa transfer musim panas 2023 dibuka. Sejumlah bintang telah berganti klub. Namun, ada transfer masih terganjal, di mana ada beberapa pesepak bola yang dianggap lebih baik dilepaskan segera agar tidak membuat klub menjadi rugi di kemudian hari.

Sejauh ini para pesepak bola asal Inggris menjadi transfer yang paling besar. Jude Bellingham pindah ke Real Madrid dengan nilai 88,5 juta pound.

Sementara Declan Rice bergabung bersama Arsenal dari West Ham United dengan nilai mencapai 105 juta pound, termasuk add-on.

Sejumlah pemain juga sudah melakukan perpindahan, seperti Kai Havertz yang bergabung bersama Arsenal, Mason Mount yang kini berseragam Manchester United (MU), dan masih banyak yang lain.

Namun, beberapa pemain berstatus bintang yang santer dikaitkan bakal pindah klub, masih berada di klubnya masing-masing. Ada anggapan bahwa para pemain tersebut dilepas saja agar tidak merugikan klub pada masa yang akan datang.

Seperti dilansir dari Sportskeeda, ini lima pesepak bola tersebut di antaranya:

2 dari 6 halaman

5. Franck Kessie

 

Franck Kessie baru saja bergabung bersama Barcelona satu tahun yang lalu. Namun, jelas bahwa pemain asal Pantai Gading itu tidak cocok dengan tim Catalan itu.

Gelandang yang direkrut Barcelona dari AC Milan itu sebenarnya bergabung di Camp Nou dengan harapan besar. Meski berstatus bebas transfer, penampilan ciamiknya bersama Rossoneri sejak 2017 hingga 2022 dianggap bisa membantu Barcelona.

Apalagi Kessie adalah sosok yang turut memberikan pengaruh besar dalam keberhasilan AC Milan meraih Scudetto pada musim 2021/2022.

Sayangnya, Kessie kalah bersaing dengan pemain-pemain muda yang berenergi, seperti Gavi, Pedri, dan Frenkie de Jong. Apalagi tim Catalan itu juga baru saja mendatangkan kapten Man City yang baru meraih treble winners, Ilkay Gundogan.

Situasi tersebut akan membuat Franck Kessie akan tersingkir dari skuad yang disukai oleh Xavi di Barcelona. Kondisi itu, plus permasalahan keuangan yang belum berakhir di klub, rasanya melepas Kessie ke klub lain pada musim panas ini akan menjadi opsi yang bijak.

3 dari 6 halaman

4. Davinson Sanchez

 

Masa-masa Davinson Sanchez di Tottenham Hotspur perlu segera diakhiri pada musim panas ini. Pemain asal Kolombia yang tiba di Tottenham Hotspur Stadium pada 2017 itu dengan rekor transfer klub sebesar 42 juta euro, hanya mengalami penurunan performa adlam enam tahun terakhir.

Meski sempat tampil apik di bawah manajer Mauricio Pochettino, Sanchez yang juga bagian penting dari tim yang mencapai final Liga Champions pada 2019 itu, kemudian mulai menurun setelah Jose Mourinho datang. Ia makin terpuruk ketika Spurs ditangani oleh Antonio Conte.

Keinginan Spurs untuk mengontrak Edmond Tapsoba atau Micky van de Ven pada musim panas ini, membuat Sanchez kemungkinan besar akan pergi.

Dengan hanya menyisakan satu tahun kontrak, akan lebih baik bagi Spurs untuk mencari peminatnya pada bursa transfer musim panas ini.

4 dari 6 halaman

3. Romelu Lukaku

 

Masa-masa kedua Romelu Lukaku di Chelsea hampir dipastikan bakal lebih buruk dari yang pertama. Pemain asal Belgia itu awalnya meninggalkan klub pada usia 21 tahun, tepatnya pada 2014, untuk meningkatkan kariernya setelah sulit mendapatkan kesempatan di Stamford Bridge.

Setelah tampil mengesankan bersama Manchester United (MU) dan Inter Milan, Chelsea kemudian memulangkan Lukaku dengan biaya transfer mencapai 97,5 juta pound, yang membuatnya memecahkan rekor pembelian klub.

Namun, penampilannya di Chelsea pun tidak terlalu baik. Lukaku pun akhirnya dipinjamkan ke Inter Milan dan membuat Nerazzurri berhasil meraih Scudetto. The Blues pun menginginkannya lagi.

Sayangnya, kembali ke Stamford Bridge membuat Lukaku tidak lagi cemerlang dan lagi-lagi Chelsea meminjamkannya ke Inter Milan pada musim lalu. Kini The Blues benar-benar berusaha menjual Lukaku dan tidak ingin lagi melepasnya hanya sebagai pemain pinjaman.

5 dari 6 halaman

2. Harry Maguire

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Harry Maguire dianggap sebagai bek tengah termahal yang buruk di Premier League dalam satu dekade terakhir.

Ia tetap menjadi pemain bertahan paling mahal yang pernah dimiliki MU, yang merekrutnya dengan nilai 80 juta pound.

Harry Maguire datang ke MU dari Leicester City, klub di mana Maguire mampu memperlihatkan penampilan apik dan membuatnya dinilai memiliki masa depan yang cerah.

Pada saat itu, Man City juga menginginkannya, tetapi MU mendapatkannya dengan harga yang tidak murah.

Sempat memperlihatkan performa yang cukup baik pada awal bergabung bersama MU, hingga akhirnya mendapatkan kesempatan menjadi kapten The Red Devils, begitu banyak blunder yang dibuat Maguire membuatnya terancam dilepas.

Apalagi MU kini punya Lisandro Martinez dan Raphael Varane yang jadi tandem apik di pusat pertahanan MU, Maguire dipastikan bakal sulit untuk mendapatkan tempat di skuad The Red Devils.

6 dari 6 halaman

1. Kylian Mbappe

 

Mbappe dianggap sebagai pesepak bola terbaik di bumi dalam tiga atau empat tahun terakhir. Meski kontrak bernilai 180 juta euro belum mampu membuat PSG menjadi juara di Eropa, Mbappe telah menjadi pemain utama klub ibu kota PRancis itu.

Namun, beberapa hal di antara sang pemain dengan klub menjadi buruk dalam sebulan terakhir. Mbappe mengirimkan surat kepada klub yang menyatakan dia tidak berniat lagi memperpanjang kontraknya pada tahun depan.

PSG mengklaim tak perlu ada surat seperti itu. Namun, kini semua menjadi lebih jelas. Pemilik PSG, Nasser Al-Khelaifi, telah menyatakan kecuali Mbappe menandatangani kontrak baru, dia akan dijual pada musim panas ini.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer