Sukses


Mengenal Pemilik Al Hilal, Klub Arab Saudi yang Mau Beli Kylian Mbappe dengan Dana Rp5,7 Triliun

Bola.com, Jakarta - Pangeran Mohammed bin Salman, pemilik Al Hilal dan Public Investment Fund (PIF), makin dikenal oleh dunia sepak bola setelah manuver gilanya. Teranyar, Kylian Mbappe coba direkrut dengan dana luar biasa fantastis.

PSG dilaporkan sudah menyetujui proposal transfer sebesar 259 juta pound atau setara Rp5,7 triliun dari Al Hilal, klub Liga Arab Saudi yang dalam sepekan terakhir sering disebut-sebut.

Ini menjadi kabar menggembirakan bagi PSG yang memang berencana menjual Kylian Mbappe musim panas ini. Sebab jika tidak bisa dijual, klub Ligue 1 Prancis itu bakal kehilangan sang striker dengan cuma-cuma.

Laporan yang berkembang sejauh ini menyebutkan bahwa Kylian Mbappe tidak tertarik hijrah ke Liga Arab Saudi. Pilihannya adalah bergabung dengan Real Madrid.

Apapun itu, keberanian Al Hilal mengucurkan dana fantastis tetap menyita perhatian. Terlebih, raksasa Saudi Pro League itu juga menawarkan gaji mencapai Rp200 miliar lebih per pekan.

Sosok di belakang layar Al Hilal adalah Pangeran Mohammed bin Salman. Siapakah dia?

 

2 dari 4 halaman

Pemilik Al Hilal

Al Hilal berada di bawah kepemilikan bersama oleh Public Investment Fund (PIF) dengan saham 75 persen. Sisa 25 persen dimiliki oleh Al Hilal Non-Profit Foundation.

PIF adalah dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi, yang memiliki aset mencapai 320 miliar pound, yang juga menjadikan mereka sebagai yang paling besar di dunia.

PIF dibentuk pada 1971 yang didirikan sebagai sumber investasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Nah, yang mengontrol 'BUMN' ini adalah Pangeran Mohammed bin Salman, yang secara de facto juga pemimpin Arab Saudi sejak 2015.

 

3 dari 4 halaman

Pemilik Newcastle United

PIF yang bisa diartikan sebagai BUMN-nya Arab Saudi juga telah membeli Newcastle United dengan dana sebesar 300 juta pound pada 2021. Yasir Al-Rumayyan kemudian ditunjuk sebagai chairman.

Menariknya, PIF juga mengontrol tiga tim raksasa Arab Saudi lainnya, yakni Al Ittihad, Al Ahli and Al Nassr. Lebih menariknya lagi, empat tim tersebut adalah rival.

Al Hilal, biar bagaimanapun, dicap sebagai tim dengan trofi terbanyak di Asia. Sebanyak 66 gelar juara, baik domestik maupun level kontinen sudah didapat, termasuk di antaranya delapan Liga Champions Asia.

 

4 dari 4 halaman

Hubungan Baik dengan Republik Indonesia

Hubungan Arab Saudi dengan Republik Indonesia sudah lama dikenal rekat. Pangeran Mohammed bin Salman juga memiliki hubungan hangat dengan Presiden Joko Widodo.

Dalam satu sesi pada KTT G20 di Bali Indonesia tahun lalu, Jokowi dan Bin Salman terlihat akrab dan berpelukan. Keduanya membicarakan perihal hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer