Sukses


Benfica Sang Pencetak Bintang Berujung Cuan: Dari Ruben Dias hingga Goncalo Ramos

Bola.com, Jakarta - Jendela transfer musim panas ini telah menjadi yang paling gila. Ada Liga Pro Saudi yang menyedot siapa pun yang dapat mereka temukan, kemudian Chelsea dan Liverpool memperebutkan tanda tangan Moises Caicedo, gelandang muda yang dulunya dibeli murah oleh Brighton dari Benfica.

Beberapa tahun lalu, Caicedo hanya dilabeli tak lebih dari 4 juta pound saja oleh Benfica. Dalam konteks ini, Brighton nyayur parah karena bisa cuan puluhan kali lepat tatkala menjualnya ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023.

Lantas, apakah kemudian Benfica yang dungu karena tidak melihat potensi besar Caicedo? Mungkin iya, tetapi yang jelas klub asal Portugal itu bisa disejajarkan dengan Ajax yang juga sering cuan dengan menjual pemain bintangnya.

Lupakan Caicedo, sebab Benfica sering mandi pundi-pundi euro dengan mencetak pemain biasa-biasa saja menjadi pesepak bola yang menghasilkan banyak uang. Siapa saja?

 

2 dari 6 halaman

Goncalo Ramos

Goncalo Ramos memang hanya dipinjamkan saja ke PSG. Tetapi dalam kontraknya, ia bisa dipermanenkan dengan biaya luar biasa fantastis.

Menurut sejumlah laporan, terdapat klausul yang mewajibkan Benfica melepas pemain berusia 22 tahun itu jika PSG bersedia membayarkan uang mencapai 90 juta euro.

 

3 dari 6 halaman

Enzo Fernandez

Enzo Fernandez bergabung ke Benfica seharga £10 juta 'saja'. Akan tetapi setelah penampilannya pada Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina, nilai jualnya naik 10 kali lipat.

Biaya rekor Liga Inggris sebesar £108 juta itu pecah tatkala Chelsea membelinya pada Januari 2023. Padahal, Enzo baru membela Benfica enam bulan lamanya. Sungguh bisnis yang cerdas, kan?

 

4 dari 6 halaman

Darwin Nunez

Darwin Nunez dicap sebagai pengacau dalam artian positif untuk Benfica. Dia mampu melakukan apa saja, segalanya dan tidak ada apa-apa pada saat tertentu dan itu adalah bagian bagus dari permainannya yang membuatnya bersinar untuk Benfica selama musim 2021/2022, dan pindah ke Merseyside musim panas lalu.

Angka-angka? 34 gol, termasuk enam di Liga Champions, untuk Benfica dan biaya transfer £64 juta (meningkat menjadi £85 juta sebagai tambahan) dari Liverpool. Jika add-on itu tercapai, dia akan menjadi pemain Liverpool termahal yang pernah ada.

 

5 dari 6 halaman

Ederson, Lindelof dan Ruben Dias sang Penguasa Manchester

Ederson dan Ruben Dias berada di Manchester City dan Victor Lindelof di Manchester United menunjukkan betapa Benfica tidak main-main dalam mencetak bintang. Belum lagi rekor penjualan terbesar Benfica dalam diri Joao Felix yang menelan biaya £111 juta pada 2019.

Bakat brilian tidak diragukan lagi, tetapi dia sejauh ini belum memenuhi label harga itu, meskipun gayanya bertentangan dengan gaya Diego Simeone.

 

6 dari 6 halaman

Pemain-Pemain Jebolan Benfica Lainnya

Nama-nama terkenal lainnya termasuk salah satu yang kariernya telah mencapai lingkaran penuh dan yang mungkin merupakan ekspor paling sukses, Angel Di Maria, yang kembali ke Benfica musim panas ini setelah memenangkan semuanya bersama Real Madrid, PSG dan Argentina.

Mourinho juga membeli kembali Nemanja Matic dalam tugas keduanya di Chelsea, pemain Serbia itu pertama kali meninggalkan klub dalam kesepakatan yang membawa David Luiz dari Benfica ke Stamford Bridge pada Januari 2011. Enam bulan sebelumnya, Ramires melakukan peralihan yang sama.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer