Sukses


Pep Guardiola Ukir Sejarah Setelah Man City Juara Piala Super Eropa 2023

Bola.com, Piraeus - Pep Guardiola kembali membawa Manchester City merengkuh trofi juara, kali ini di ajang Piala Super Eropa 2023. Berkat prestasi tersebut, Guardiola mengukir sejarah.

Man City bersua Sevilla pada Piala Super Eropa 2023 di Georgios Karaiskakis Stadium, Piraeus, Kamis (17/8/2023) dini hari WIB. Melakoni duel ini, City berstatus juara Liga Champions, sedangkan Sevilla kampiun Liga Europa.

Manchester City tampil menekan sejak bola digulirkan. Berdasarkan statistik, The Citizens mencatatkan 74 persen penguasaan bola, berbanding 26 persen milik Sevilla.

Man City juga melepaskan 23 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Adapun Sevilla hanya memperoleh empat peluang bagus dari delapan kesempatan.

Meski bermain dominan, City tak mampu mengalahkan sang lawan dalam waktu 2x45 menit. Kedua tim harus puas bermain sama kuat 1-1.

Manchester City tertinggal lebih dulu setelah Youssef En-Nesyri mencetak gol pada menit ke-25. Man City akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat aksi Cole Palmer pada menit ke-63.

Ā 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menang Lewat Adu Penalti

Skor sama kuat membuat penentuan pemenang langsung ditentukan lewat adu penalti, tanpa harus menjalani babak tambahan. Manchester City akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4.

Kelima algojo Manchester City yakni Erling Haaland, Julian Alvarez, Mateo Kovacic, Jack Grealish, dan Kyle Walker sukses menjalankan tugas. Adapun lima eksektor Sevilla, hanya Nemanja Gudelj yang gagal mencetak gol.

Berkat hasil itu, Manchester City berhak atas trofi juara Piala Super Eropa, sekaligus gelar perdana pada musim ini. Selain itu, The Citizens merengkuh titel juara yang pertama di ajang tersebut.

Man City juga sukses merengkuh trofi keempat pada 2023. Sebelumnya, mereka menjadi juara di Piala FA, Premier League, dan Liga Champions.

Ā 

3 dari 4 halaman

Pep Guardiola Ukir Sejarah

Keberhasilan Manchester City menjuarai Piala Super Eropa tahun ini membuat Pep Guardiola mengukir sejarah. Guardiola kini menyandang status sebagai pertama yang memenangkan Piala Super Eropa bersama tiga klub berbeda.

Pelatih asal Spanyol tersebut sukses membawa Barcelona menjadi juara Piala Super Eropa pada 2009 dan 2011, Bayern Munchen pada 2013, dan Manchester City pada tahun ini.

Selain itu, Guardiola juga pelatih kedua yang pernah meraih empat trofi Piala Super Eropa. Prestasi serupa sebelumnya pernah diukir Carlo Ancelotti bersama AC Milan pada 2003 dan 2007, serta Real Madrid pada 2014 dan 2022.

Ā 

4 dari 4 halaman

Merasa Bangga

Pep Guardiola mengaku sangat bangga akan keberhasilan Manchester City menjuarai Piala Super Eropa 2023. Apalagi, prestasi ini sekaligus mengobati kegagalan meraih trofi Community Shield tahun ini.

"Saya sangat bangga. Kami mengetahuinya sejak awal musim dan kualitas lawan. Kami beruntung karena Ederson seperti pada saat-saat terakhir final Liga Champions, menyelamatkan kami pada saat yang tepat," kata Guardiola.

"Secara umum, permainannya sangat bagus, kami bermain lebih baik di 30 menit terakhir babak kedua. Satu minggu yang lalu kami kalah adu penalti dari Arsenal di Community Shield, dan hari ini kami memenangkannya," sambungnya.

Sumber: Squawka, Manchester City

Video Populer

Foto Populer