Sukses


10 Klub Bernilai Tertinggi: MU Masih di Atas Barcelona dan Man City

Bola.com, Jakarta - Ada catatan jumlah uang yang mengalir deras di dunia sepak bola pada saat ini, dan klub dari Premier League, Ligue 1, La Liga, dan Bundesliga termasuk yang paling berharga di dunia.

Tak mengherankan jika Premier League punya sejumlah klub yang mampu bersaing, di mana klub besar pun bisa saja berada di posisi ke-10, di mana biasanya ada enam tim tradisional yang selalu ada di papan atas.

Begitu pun dengan La Liga Spanyol, di mana ada dua klub besar selalu bersaing di setiap musimnya untuk menjadi yang terbaik di Negeri Matador.

Menurut Forbes, seperti dilansir dari Planet Football, berikut 10 klub paling berharga di dunia pada 2023:

2 dari 11 halaman

10. Arsenal - 2,26 miliar dolar

Tak perlu diragukan lagi Arsenal adalah klub sepak bola yang tengah bersinar pada saat ini. Mikel Arteta mengumpulkan sejumlah pemain dan menjadi skuad paliing berharga di dunia sepak bola.

Asalkan mereka terus melanjutkan kiprah di jalur yang sama dalam beberapa musim berikutnya, tidak akan mengejutkan jika melihat Arsenal bisa melompati sejumlah klub di atasnya suatu saat nanti.

3 dari 11 halaman

9. Tottenham Hotspur - 2,8 miliar dolar

Penggemar Tottenham Hotspur bisa tertawa terkait siapa yang lebih baik di London Utara. Spurs berada tepat di atas rival sekotanya, Arsenal, dengan memiliki nilai klub 2,8 miliar dolar menurut Forbes.

Sementara Spurs sudah menjalani satu dekade tanpa meraih trofi juara, tetapi pendapatan mereka teurs melonjak.

Setelah lolos ke Liga Champions dalam lima dari delapan musim terakhir, dan baru-baru ini membangun stadion yang canggih, Spurs nyaman bersama sejumlah klub elite Eropa.

4 dari 11 halaman

8. Chelsea - 3,1 miliar dolar

Todd Boehly dan rekan-rekannya membeli Chelsea sekitar 5,2 miliar dolar pada tahun lalu, yang hampir lebih dari 2 juta dolar lebih dari harga klub itu saat ini.

Aliran pendapatan Chelsea tidak diragukan lagi akan terpukul oleh tidak akan tampilnya The Blues di kompetisi Eropa. Namun, mereka bepotensi kembali ke puncak dalam waktu dekat.

5 dari 11 halaman

7. PSG - 4,21 miliar dolar

Mungkin ini adalah klub sepak bola paling kacau di Eropa, karena jarang ada hari yang membosankan di PSG. Meski klub asal Prancis ini sering mandek, terutama di Liga Champions, mereka tetap kuat di papan atas kompetisi domestik.

Masa depan Kylian Mbappe membuat semua orang bicara pada musim panas ini. Namun, Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi, sangat ingin menyelesaikan situasi itu secepat mungkin.

6 dari 11 halaman

6. Bayern Munchen - 4,68 miliar dolar

Dalam banyak hal, Bayern Munchen dijalankan seperti klub sepak bola yang ideal.

Mereka jarang memaksakan diri di pasar transfer, kecuali Harry Kane. Namun, secara teratur mereka melaju jauh di Eropa dan tampil di puncak liga domestik Jerman.

7 dari 11 halaman

5. Man City - 4,99 miliar dolar

Setelah hampir satu dekade mendominasi Premier League, tidak perlu diragukan lagi Man City kini masuk dalam kategori elite tersebut.

Klub baru-baru ini mengumumkan rekor pendapatan sebesar 815 juta dolar, yang lebih dari klub sepak bola lain di planet ini.

Baru saja memenangkan treble musim lalu, rasanya skuad terbaru Pep Guardiola baru saja dimulai. Kencangkan diri Anda karena Man City tidak akan pergi dalam waktu dekat.

8 dari 11 halaman

4. Liverpool - 5,29 miliar dolar

The Reds telah mengelola keuangan mereka dengan baik selama bertahun-tahun, karena klub telah membuat langkah besar di dalam dan di luar lapangan.

Mereka telah membangun kembali Anfield dan memiliki skuad yang mampu bersaing di papan atas.

9 dari 11 halaman

3. Barcelona - 5,51 miliar dolar

Terlepas dari gejolak keuangan yang dialami klub pada akhir-akhir ini, Barcelona masih menduduki peringkat ketiga daftar klub paling berharga di dunia.

Klub Spanyol ini harus kreatif denga nkeuangan mereka pada musim panas lalu dengan menarik beberapa penyedot keuangan, tetapi semua tampak lancar-lancar saja sekarang.

Baru saja memenangkan gelar La Liga Spanyol, Forbes telah memberikan nilai kepada Barcelona sebesar 5,51 juta dolar, yang merupakan sebuah peningkatan 10 persen dari angka tahun lalu.

10 dari 11 halaman

2. Manchester United - 6 miliar dolar

Terlepas dari masalah sepeningalan Sir Alex Ferguson, tim berjulukan The Red Devils itu terus menjadi tim yang ada di atas dalam hal keuangan.

Dari 10 klub paling berharga, MU benar-benar memperlihatkan peningkatan terbesar secara keseluruhan dari tahun lalu dengan perubahan nilai satu tahun mencapai 30 persen.

11 dari 11 halaman

1. Real Madrid - 6,07 miliar dolar

Apakah Anda mengharapkan yang lain? Ada prestise tertentu yang datang dari Real Madrid dan bukan hal yang mengejutkan melihat Los Blancos berada di puncak daftar ini sekali lagi.

Klub ibu kota Spanyol itu sukses di lapangan dan meeeka membuat langkah besar juga. Pembangunan kembali Santiago Bernabeu hingga 1 triliun euro hampir selesai. Mereka memiliki beberapa pemain terbaik dunia dalam skuad saat ini.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer