Sukses


Buntut Skandal Rubiales Cium Bibir Hermoso, Jorge Vilda Dipecat dari Posisi Pelatih Timnas Putri Spanyol

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memecat Jorge Vilda dari jabatan pelatih Timnas putri Spanyol, Selasa (5/9/2023) waktu setempat. Padahal ia baru saja mempersembahkan juara Piala Dunia Wanita 2023 untuk La Furia Roja.

"Federasi Sepak Bola Spanyol memecat Jorge Vilda, pelatih timnas putri pemenang Piala Dunia Wanita 2023, sebagai bagian dari dampak buruk yang disebabkan oleh kasus Presiden RFEF Luis Rubiales yang mencium pemain timnas putri Spanyol Jennifer Hermoso," kata seorang sumber dikutip dari Reuters.

"Sebuah dewan baru yang dibentuk setelah skorsing Presiden RFEF Luis Rubiales oleh FIFA atas dugaan ciuman non-konsensual saat perayaan kemenangan Piala Dunia Wanita dua minggu lalu telah memutus kontrak Vilda” tambah sumber itu.

Insiden Rubiales yang mencium bibir Hermoso ini seolah menjadi noda di balik keberhasilan Spanyol mencetak sejarah di Piala Dunia Wanita 2023. Spanyol untuk pertama kalinya jadi juara Piala Dunia Wanita 2023.

Di babak final pada 20 Agustus di Australia, Timnas putri Spanyol sukses mengalahkan Inggris dengan skor 1-0. Gol tunggal Spanyol dicetak oleh Olga Carmona di menit ke-29.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kecewa Berat

Jorge Vilda amat kecewa dengan keputusan pemecatan dirinya. Terutama saat ia dinilai sebagai salah satu orang terdekat Rubiales.

Vilda pun tidak terima atas perlakuan federasi kepada dirinya. Ia merasa keputusan federasi tidak bisa dibenarkan dan sangat keras. Ia mengaku tidak memperkirakan hal tersebut terjadi.

“Saya sebaik yang Anda bisa setelah menjadi juara dunia. Namun, saya rasa saya telah dipecat secara tidak adil," ujar Vilda dilansir dari Football Espana.

3 dari 4 halaman

Digantikan Montse Tome

Setelah Jorge Vilda dipecat, federasi sepak bola Spanyol kemudian menunjuk Montse Tome sebagai pelatih Timnas putri Spanyol.

Tome menjabat sebagai asisten pelatih Vilda sejak 2018 dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan tim nasional, menurut RFEF.

Montse Tome, yang merupakan salah satu staf pelatih yang mengundurkan diri setelah tindakan Luis Rubiales di final Piala Dunia, kini kembali sebagai wanita pertama yang melatih Spanyol.

"Federasi Sepak Bola Spanyol telah menunjuk Montse Tome sebagai pelatih tim nasional wanita, dan dia akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi itu di Spanyol," bunyi pengumuman federasi sepak bola Spanyol.

4 dari 4 halaman

Skors FIFA

FIFA memberikan skors kepada Presiden RFEF Luis Rubiales buntut aksi cium bibir Jennifer Hermoso. Hukuman ini bersifat sementara sampai FIFA menyelesaikan investigasi.

Bukan hanya larangan aktivitas di lingkungan sepak bola, Rubiales juga dilarang melakukan kontak dengan Hermoso ataupun orang-orang di lingkungan terdekat Hermoso. Kini posisi Presiden RFEF sementara dipegang Pedro Rocha.

Sumber: Reuters, Football Espana

Video Populer

Foto Populer