Sukses


3 Kandidat Pelatih Timnas Jerman Setelah Hansi Flick Dipecat: Ada Legenda Real Madrid, Ada Pula Manajer Liverpool

Bola.com, Jakarta - Kekalahan telak Timnas Jerman dari Jepang dalam laga persahabatan internasional, Minggu (10/9/2023) dini hari WIB, menjadi momentum bagi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) untuk memecat Hansi Flick dari kursi kepelatihan. Kini sejumlah pelatih diisukan bakal datang menjadi pengganti.

Timnas Jerman yang sempat membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 lewat gol Leroy Sane pada menit ke-19, setelah lebih dulu kebobolan oleh Junya Ito pada menit ke-11, harus menerima kenyataan kalah telak dari tim berjulukan Samurai Biru.

Jepang menambah tiga gol lagi, masing-masing dicetak oleh Ayase Ueda pada menit ke-22, Takuma Asano pada menit ke-90, dan Ao Tanaka pada menit 90'+2. Jerman pun kalah telak 1-4 dalam pertandingan itu.

Namun, ini bukan satu-satunya penyebab Hansi Flick dipecat. Itu jadi kekalahan keempat dalam lima pertandingan terakhir Jerman di level internasional, sekaligus yang ketiga secara berturut-turut.

Sejak tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022, Jerman hanya sempat sekali menang melawan Peru dalam laga uji coba persahabatan. Setelah itu mereka kalah 2-3 dari Belgia, bermain imbang 3-3 dengan Ukraina, dan kemudian tiga kali kalah berturut-turut, masing-masing 0-1 dari Polandia, 0-2 dari Kolombia, dan 1-4 dari Jepang.

Kini setelah Hansi Flick dipecat oleh DFB, siapa yang akan menjadi pelatih Timnas Jerman? Berikut Bola.com merangkum tiga kandidat yang paling sering dibicarakan belakangan ini:

2 dari 4 halaman

Zinedine Zidane

Setelah Hansi Flick dipecat oleh DFB, surat kabar Jerman, BILD, langsung mengidentifikasi legenda Real Madrid, Zinedine Zidane, sebagai pelatih pengganti di Timnas Jerman.

Zidane memang memiliki sejarah yang luar biasa dalam dunia sepak bola, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih. Sejumlah pemain Jerman yang pernah bermain di Real Madrid, tentu mengetahui bagaimana kualitas pelatih asal Prancis tersebut.

3 dari 4 halaman

Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool asal Jerman ini juga disebut-sebut cocok untuk menangani Timnas Jerman.

Prestasinya pernah membawa Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga di tengah dominasi Bayern Munchen, plus sukses membawa Liverpool juara Premier League dan Liga Champions menjadi nilai plus.

DFB, seperti dilansir 90min, mempertimbangkan Jurgen Klopp, sebagai manajer tim yang cukup sukses dalam beberapa tahun terakhir, sebagai opsi yang cocok untuk mengembalikan kesuksesan Timnas Jerman.

Namun, tentu itu akan mendapatkan pertentangan dari Liverpool yang sejauh ini terus memberikan kepercayaan kepada Klopp meski musim lalu terpuruk di Premier League.

4 dari 4 halaman

Julian Nagelsmann

Dalam kolomnya di CaughtOffside, Fabrizio Romano menyebut mantan pelatih Bayern Munchen, Julian Nagelsmann, sebagai kandidat untuk menjadi pelatih Timnas Jerman.

Menurut Romano, Nagelsmann kerap memberikan gagasan kepada Federasi sepak bola Jerman (DFB), dan kini tengah menjajaki pembicaraan mengenai kemungkinan menangani Timnas Jerman.

Sumber: BILD, 90min, Fabrizio Romano

Video Populer

Foto Populer