Sukses


6 Pemain Top yang Punya Koleksi Gol Bunuh Diri Terbanyak: Eks Man City Rajanya, Legenda AC Milan Masuk Daftar

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pemain terkini dengan jumlah gol yang luar biasa banyaknya. Dua pemain ini sama-sama mengoleksi lebih dari 800 gol di semua laga sepanjang kariernya.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama merupakan predator di pertahanan lawan. Gawang lawan siap-siap jebol oleh keduanya jika tidak diantisipasi.

Tapi bagaimana ceritanya dengan pemain yang mencetak gol ke gawang sendiri? Tentu ada pemain-pemain yang punya riwayat cukup sering mencetak gol bunuh diri.

Biasanya mereka adalah pemain dengan posisi bek dan berada dekat di penjaga gawang sendiri. Para pemain yang sering mencetak gol bunuh diri ini kerap berniat menghalau bola agar tidak masuk ke gawang sendiri, namun fakta berkata lain.

Siapa saja pemain dengan jumlah koleksi gol bunuh diri terbanyak? Berikut daftarnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Phil Jagielka

Phil Jagielka pernah mampu mencetak gol luar biasa dari jarak 30 yard di Anfield dalam derbi Merseyside. Tapi sayangnya ia mencetak satu gol ke gawangnya sendiri, yang kemudian bertambah.

Mantan pemain Everton ini mencetak tujuh gol bunuh diri selama kariernya, dengan yang terakhir terjadi saat melawan Leeds United pada April 2021 saat dia bermain untuk Sheffield United.

Meski melakukan gol bunuh diri tersebut, Jagielka gagal mencatatkan rekor sebagai pemain tertua dalam sejarah Premier League yang mencetak gol bunuh diri. Sebab, Stuart Pearce masih mempertahankan rekor tersebut dengan selisih waktu 23 hari.

3 dari 7 halaman

2. Jamie Carragher

Bek legendaris Liverpool, Jamie Carragher juga mencatat tujuh gol bunuh diri sepanjang kariernya. Momen paling dikenang adalah saat ia mencetak gol ke gawang sendiri melawan musuh bebuyutan Manchester United.

Dengan indahnya ia menyundul bola melewati Sander Westerveld yang malang, sebelum upaya yang lebih konyol membuat bola memantul darinya dan masuk ke gawang sendiri sekaligus membuat timnya kalah 2-3.

4 dari 7 halaman

3. Martin Skrtel

Bek Liverpool lainnya, yaitu Martin Skrtel cukup bersahabat dengan gol bunuh diri. Ia dikenal sebagai seorang bek tanpa kompromi.

Rekor gol bunuh dirinya sama seperti Carragher, yakni tujuh gol. Menariknya Skrtel melakukan itu dalam empat pertandingan dalam satu musim pada musim 2013/2014.

Beruntungnya jumlah gol bunuh diri Skrtel tak terlalu merugikan Liverpool. Sebab mereka bisa memenangkan tiga dari empat laga yang diwarnai gol bunuh diri sang pemain Slovakia itu.

5 dari 7 halaman

4. Riccardo Ferri

Kali ini ada pemain dari Italia yang punya koleksi gol bunuh diri yang banyak. Adalah Riccardo Ferri yang pernah menjadi bagian dari Inter Milan.

Faktanya, delapan gol bunuh diri yang ia ciptakan merupakan rekor dalam sejarah Serie A. meski Marco van Basten mengakuinya sebagai bek terkuat yang pernah dihadapi, Ferri rupanya sering mencetak gol bunuh diri.

Total ia mengoleksi delapan gol bunuh diri sepanjang kariernya.

6 dari 7 halaman

5. Franco Baresi

Bek legendaris Italia dan AC Milan, Franco Baresi tak luput untuk masuk dalam daftar ini. Sama seperti Riccardo Ferri, ia juga mengoleksi delapan gol ke gawang sendiri.

Namun demikian, Baressi tetaplah legenda besar Italia dan Rossoneri. Di balik rekor gol unuh dirinya, prestasi bukan kaleng-kaleng ia torehkan.

Baresi memenangkan enam gelar liga dan tiga Liga Champions selama berada di San Siro. Ia memainkan 532 pertandingan untuk Milan selama 20 tahun bertugas di Milan.

7 dari 7 halaman

6. Richard Dunne

Inilah pemegang rekor gol bunuh diri terbanyak. Adalah eks pemain belakang Manchester City, Richard Dunne yang jumlah koleksinya 10 gol bunuh diri.

Sebenarnya ia mengawali kariernya dengan lancar selama berada di Everton, bermain 60 pertandingan bersama The Toffees tanpa cedera apa pun.

Namun, kepindahannya ke Etihad Stadium membuatnya gemar mencetak gol bunuh diri. Pertama kali ia melakukannya pada bulan Desember 2004 dan berlanjut sampai Oktober 2014 ketika melawan Liverpool.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer