Sukses


Geliat Sepak Bola Uzbekistan: Berjaya di Kelompok Usia Muda, Asian Games 2022 Jadi Pelampiasan Kegagalan di Piala Asia U-23 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-24 bakal menghadapi Uzbekistan pada babak 16 besar Asian Games 2022 yang berlangsung di Stadion Pusat Olahraga Shangcheng, Cina, Kamis (28/9/2023) sore WIB.

Garuda Muda datang ke fase gugur dengan modal mengenaskan. Mereka bisa dikatakan beruntung melangkah ke babak selanjutnya sebagai peringkat tiga terbaik.

Indonesia hanya mengemas sebiji kemenangan atas Kirgistan. Sementara dua laga selanjutnya di grup F, mereka takluk dari Chinese Taipei dan Korea Utara.

Beruntung, Kirgistan mampu menang atas Chinese Taipei pada laga pamungkas grup. Satu-satunya kemenangan yang mereka raih itu akhirnya membawa anak asuh Indra Sjafri ke 16 besar.

Sementara itu, Uzbekistan perkasa sebagai juara grup C. Mereka dua kali menang atas Hongkong lantaran Suriah dan Afghanistan menarik diri sebelum turnamen.

Dengan kondisi tersebut, seberapa besar peluang Indonesia saat menghadapi Uzbekistan? Bagaimana sepak terjang Young White Wolves di sepak bola Asia?

2 dari 4 halaman

Uzbekistan, Cahaya Baru Sepak Bola Asia?

Salah satu negara pecahan Uni Soviet ini, sebelumnya tak punya nama besar di sepak bola Asia. Namun, kesuksesan dalam satu dekade terakhir membuat mereka mulai diperhitungkan.

Negara yang kini menduduki peringkat 75 dunia itu begitu fokus dalam pengembangan usia muda. Mereka acapkali jadi jawara dalam berbagai turnamen kelompok usia.

Piala AFC U-23 2018 merupakan tonggak awal keberhasilan mereka. Terkini, mereka berhasil menembus Piala Dunia U-20 2023 dengan menyegel status jawara Piala AFC U-20 2023.

Walau hasilnya belum memuaskan di level senior, perkembangan mereka sangat layak dinantikan di masa depan. Inikah cahaya baru sepak bola Asia?

3 dari 4 halaman

Cari Pelampiasan Kegagalan Piala Asia U-23 2022

Gelaran Asian Games 2022 tak ubahnya ajang pelampiasan bagi anak asuh Timur Kapadze. Mereka ingin membuktikan diri pasca-kegagalan di Piala AFC U-23 2022.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Jasurbek Jaloliddinov, berhasil mengatasi negara kuat macam Iran hingga Jepang untuk menembus partai final. Namun, apa yang terjadi di laga puncak di luar prediksi.

Arab Saudi tampil begitu tenang di tengah psywar suporter tuan rumah. Young Green Falcons berhasil menang 2-0 dan mengubur mimpi Uzbekistan mengulang pencapaian 2018 silam.

 

4 dari 4 halaman

Asian Games Tak Terlalu Ramah untuk Uzbekistan

Walau begitu, Uzbekistan tak punya banyak memori manis di perhelatan Asian Games. Turnamen antar cabang olahraga itu tak terlalu ramah bagi sepak bola Uzbekistan.

Mereka memang pernah menggondol medali emas pada keikutsertaan pertama pada 1994. Tetapi itu juga jadi medali terakhir yang sanggup mereka bawa pulang.

Pencapaian terbaik mereka praktis baru datang di edisi 2018 yang dihelat di Indonesia. Mereka berhasil menembus fase perempat final sebelum takluk dari Korea Selatan yang mampu merebut medali tertinggi.

Video Populer

Foto Populer