Sukses


Rapor 6 Rekrutan Termahal di Liga Arab Saudi: Siapa Menjawab Ekspektasi?

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2023 menghadirkan begitu banyak bintang sepak bola Eropa yang hijrah ke Liga Arab Saudi. Sejumlah bintang hebat itu mendapatkan transfer dan gaji sangat besar di negara Timur Tengah itu.

Banyak pemain terbaik dan punya nama besar memutuskan untuk meninggalkan Eropa demi mendapatkan transfer dan gaji besar dari klub-klub Liga Arab Saudi.

Maklum, klub-klub tersebut enggak ragu untuk buang-buang uang demi mendatangkan pemain yang akan menarik perhatian penggemar.

Namun, apakah pemain-pemain hebat dengan bayaran mahal itu memperlihatkan performa yang terbaik dalam beberapa bulan pertamanya di Liga Arab Saudi? Berikut ulasannya:

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 8 halaman

Karim Benzema

 

Keputusan peraih Ballon d'Or itu meninggalkan Real Madrid untuk bergabung bersama klub juara bertahan Liga Arab Saudi, Al Ittihad menjadi sinyal awal dari semua kejutan yang terjadi pada bursa transfer musim panas.

"Saya bemimpi bergabung dengan Real Madrid dan saya ingin bisa menyelesaikan karier di Madrid. Namun, terkadang dalam hidup Anda mendapatkan peluang yang berbeda," ujar Benzema ketika meninggalkan Real Madrid.

Karim Benzema telah mencetak tiga gol dan dua assist dalam tujuh penampilan untuk tim asuhan Nuno Espirito Santo, yang berada di posisi keempat dalam klasemen Liga Arab Saudi.

Pemberitaan awal memperlihatkan bahwa Espirito Santo tidak senang dengan pemain berusia 35 tahun itu, karena merasa dia tidak cocok dengan rencana taktisnya. Namun, sang pelatih membantah rumor itu, dengan mengklaimnya sebagai omong kosong.

3 dari 8 halaman

Neymar

 

Sebuah langkah yang menghadirkan ribuan pemikiran tentang potensi yang terbuang sia-sia. Pemain asal Brasil ini memiliki karier yang luar biasa dan selalu tampil cemerlang ketika fit dan siap bermain.

Namun, kepindahannya ke Al Hilal pada usia 31 tahun, sama seperti saat pindah ke PSG pada enam tahun lalu, hanya menimbulkan pertanyaan mengenai apa yang mungkin terjadi.

Neymar berjuang dengan cedera dan belum mencetak gol di Liga Arab Saudi.

Gol pertamanya untuk klub datang saat penampilan kelimanya di semua kompetisi, yaitu ketika menghadapi klub Iran, FC Nassaji Mazandaran.

Sang penyerang baru menjadi starter dalam dua dari sembilan pertandignan Al Hilal di liga. Namun, klub itu tetap tidak terkalahkan dan berada di puncak klasemen.

Neymar masih mendapatkan panggilan dari Timnas Brasil dan tampak akan tampil untuk Selecao di Copa America pada musim panas 2024.

4 dari 8 halaman

Sadio Mane

 

Hanya setahun yang lalu Sadio Mane masih dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia.

Setelah musim yang tidak begitu baik bersama Bayern Munchen, pemain beusia 31 tahun itu memutuskan meninggalkan sepak bola Eropa demi mendapatkan gaji besar bersama Al Nassr.

Hanya mantan penyerang Lyon, Moussa Dembele dan rekan setimnya, Cristiano Ronaldo, yang mencetak lebih banyak gol di Liga Arab Saudi pada musim ini daripada pemain asal Senegal itu.

Mane telah mencetak tujuh gol dan dua penampilan dalam 12 laga di semua kompetisi.

5 dari 8 halaman

Riyad Mahrez

 

"Liga Arab Saudi telah menarik banyak talenta dengan pertumbuhan yang kuat dan persaingan tingkat tinggi," ujar Riyad Mahrez yang memutuskan bergabung dengan Al Ahli pada musim panas 2023.

"Saya sangat senang menjadi bagian dari evolusi ini dan memberikan kontribusi dalam upaya mencapai kesuksesan bersama Al Ahli," lanjutnya.

Al Ahli baru saja promosi ke Liga Arab Saudi, tetapi tidak diragukan lagi menjadi salah satu klub terbesar di negara tersebut dan menjadi salah satu dari empat klub yang diambil alih oleh Public Investment Fund pada musim panas lalu bersama Al Ittihad, Al Nassr, dan Al Hilal.

Mereka melakukan sejumlah langkah yang menjadi berita utama pada musim panas, tetapi yang paling menarik adalah merekrut pemain Aljazair yang baru saja menyelesaikan perannya dalam treble bersejarah yang didapatkan Manchester City.

Mahrez tampil cukup baik, dengan tiga gol dan empat assist dalam sembilan pertandingan di Liga Arab Saudi hingga saat ini. Al Ahli berada di peringkat keempat dalam klasemen, terpaut empat poin dari posisi teratas.

6 dari 8 halaman

Roberto Firmino

 

Tampaknya pemain asal Brasil itu akan bergabung dengan klub Eropa ketika kontraknya berakhir di Anfield. Barcelona dan AC Milan sama-sama dikaitkan dengan namanya.

Namun, bukan sebuah kejutan besar ketika akhirnya Firmino pindah ke Arab Saudi mengingat gaji yang ditawarkan kepadanya.

Firmino pun menjadi kapten Al Ahli dan sudah mencetak tiga gol dan dua assist dalam sembilan penampilan pertama untuk klub.

 

7 dari 8 halaman

N'Golo Kante

 

Juara Piala Dunia 2018 itu telah memainkan setiap menit bersama Al Ittihad di Liga Arab Saudi hingga sejauh ini.

Itu menjadi sebuah pelepas dahaga setelah beberapa musim terakhir selalu didera cedera selama memperkuat Chelsea.

N'Golo Kante pun telah menciptakan gol pertamanya untuk Al Ittihad.

Sumber: Planet Football

8 dari 8 halaman

Persaingan di Liga Arab Saudi

 

FcTables.com

Video Populer

Foto Populer