Sukses


Gareth Bale Berharap Wales Jadi Tuan Rumah Laga Pembuka Euro 2028

Bola.com, Jakarta - Mantan kapten Timnas Wales, Gareth Bale, berharap negaranya akan mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan pertandingan pembuka Euro 2028 setelah Britania Raya dan Rep Irlandia ditunjuk UEFA menjadi tuan rumah.

Wales akan menjadi tuan rumah bersama untuk kali pertama dalam sejarah setelah UEFA mengonfirmasi kepastian Britania Raya plus Republik Irlandia sebagai tuan rumah Euro 2028. Principality Stadium di Cardiff akan menjadi venue di Wales.

Principality Stadium juga menjadi kandidat untuk menggelar laga pembuka Euro 2028. Gareth Bale pun berharap hal tersebut bisa diwujudkan.

"Sebagai orang Wales, saya akan senang Cardiff menyelenggarakan pertandingan pembuka," ujar mantan kapten Wimnas Wales itu.

Seperti halnya di Wales, Euro 2028 akan digelar di Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 4 halaman

Ingin Cardiff Jadi Kota Pembuka

Pengajuan tuan rumah bersama yang dilakukan Britania Raya plus Republik Irlandia ini tak terhentikan setelah Turki menarik diri dari pengajuan tuan rumah. Turki berencana untuk maju lagi bersama Italia untuk Euro 2032.

Ketua FA Wales, Noel Mooney, optimistis pembukaan Euro 2028 dan laga perempat final akan dimainkan di Cardiff. Sementara untuk pertandingan final diperkirakan bakal dimainkan di Wembley.

"Kami ingin stadion nasional Wales menjadi penyelenggara laga pembuka. Ini venue yang sempurna untuk pertandingan pembuka, dan juga perempat final seperti yang kami ajukan," ujar Mooney.

"Namun, itu tidak tergantung kepada kami, itu tergantung UEFA yang memilihnya. Kami hanya mengajukan jadwal pertandingan. Kami pikir Cardiff sempurna untuk laga pembuka, untuk menyambut dunia di Cymru, dan kami menantikannya," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Gareth Bale Optimistis Wales Tak Perlu Jalur Tuan Rumah

Tuan rumah penyelenggara biasanya otomatis lolos ke putaran final turnamen. Namun, itu tidak berlaku di Euro 2028 yang dimainkan di lima negara berbeda.

UEFA tampaknya akan menawarakan lebih dari dua slot otomatis untuk tim tuan rumah, sehingga tiga yang lainnya tetap harus lewat fase kualifikasi.

Namun, ada kemungkinan UEFA akan menawarkan jalan belakang kepada negara tuan rumah yang gagal lolos lewat proses kualifikasi normal.

Gareth Bale, yang berhasil mengantarkan Wales ke putaran final Euro 2016 dan 2020, optimistis tim nasionalnya bisa mendapatkan slot lewat jalur kualifikasi.

"Saya pikir setiap tim ingin lolos sesuai jalannya. Anda ingin bermain baik, lolos melalui kualifikasi, artinya tim dalam kondisi bagus saat memasuki turnamen," ujar Gareth Bale di Nyon seperti dilansir BBC Sport.

"Semoga dua slot cadangan itu hanya untuk berjaga-jaga. Saya pikir penting bagi semua tim mencoba dan lolos dengan cara yang terbaik yang bisa mereka lakukan dan semoga mereka semua bisa melakukannya," lanjut mantan pemain Real Madrid itu.

4 dari 4 halaman

Final Liga Champions 2017 Bukti Wales Bisa Gelar Event Besar

Gareth Bale meyakini final Liga Champions 2017, ketika dia membantu Real Madrid mengalahkan Juventus di Cardiff, membuktikan Wales sukses menggelar event terbesar sepak bola.

"Memiliki turnamen besar di negara kami sangat penting. Penting bagi Wales untuk tetap berada di peta, tetap menekan, dan tetap mencoba menjadi diri kami yang lebih baik," ujar Bale.

"Sekarang kami merasakan Euro 2016, kesuksesan yang kami dapatkan, menjadi bagian dari Euro 2020 dan Piala Dunia. Saya pikir para penggemar, terutama di Wales, akan sangat puas.

"Kami terbiasa untuk lolos kualifikasi, jadi semoga kami bisa melakukannya lagi dan memberikan rasa puas yang lebih besar untuk mereka," lanjutnya.

Sumber: BBC Sport

Video Populer

Foto Populer