Sukses


Kian Matang Bersama AC Milan, Rafael Leao Berharap Jadi Kapten Timnas Portugal

Bola.com, Jakarta - Winger AC Milan asal Portugal, Rafael Leao, mengaku sangat penting jika suatu saat nanti bisa mendapatkan kesempatan menjadi kapten Timnas Portugal. Leao pun tampak tetap tenang meski momen Piala Dunia 2022 di Qatar kurang berkesan baginya.

Pemain sayap AC Milan itu memang tidak sekalipun menjadi starter ketika bertanding di Piala Dunia 2022 di Qatar. Bahkan Rafael Leao juga tidak bermain lebih dari 30 menit dalam satu pertandingan selama Portugal melangkah hingga perempat final.

Namun, dalam kualifikasi Euro 2024 yang dijalani Timnas Portugal, Rafael Leao menjadi starter dalam tiga pertandingan terakhir. Bahkan ia memberikan assist ketika Portugal menghadapi Luksemburg.

Rafael Leao adalah pemain yang menonjol di skuad AC Milan asuhan Stefano Pioli. Ia pun terus memperlihatkan performa luar biasa pada musim ini, mencetak tiga gol dan empat assist dalam delapan pertandingan pertama AC Milan di Serie A Liga Italia.

2 dari 5 halaman

Momen Penting jika Bisa Jadi Kapten

Bicara dalam sebuah konferensi pers melalui Calciomercato, Rafael Leao sempat ditanya mengenai kans mengenakan ban kapten di Timnas Portugal suatu saat nanti.

"Ya, tentu saja itu akan menjadi momen yang sangat penting bagi saya, bagi karier saya, dan bagi keluarga saya. Mewakili tim nasional merupakan sebuah kebanggaan, terlebih dengan ban kapten. Saya tidak tahu, siapa yang tahu," ujar Rafael Leao.

Namun, Rafael Leao belum ingin melihat apa yang akan terjadi di Euro pada musim panas tahun depan.

"Kami belum bisa memikirkan masa depan. Jika kami memenangkan pertandingan pada Jumat ini, maka ya kami bisa mulai melakukan hal itu. Untuk saat ini, kami fokus menatap pertandingan hari Jumat," ujar Rafael Leao.

3 dari 5 halaman

Layak Jadi Starter di Timnas Portugal

Pemain berusia 25 tahun itu pun ditantang mengenai kepantasan untuk menjadi pemain reguler Timnas Portugal mengingat performa apiknya bersama AC Milan.

"Seperti yang selalu saya katakan, saya sangat senang berada di sini. Saya mendapatkan kepercayaan diri dari pelatih saya dan dialah yang memutuskan. Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik," ujar Rafael Leao.

"Jika saya bukan seorang starter, itu bukanlah sesuatu yang membuat saya sedih, karena kami memiliki banyak pemain yang berkualitas," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Performa Portugal di Kualifikasi Euro 2024 Sempurna

Terakhir, Rafael Leao mebahas mengenai performa luar biasa Portugal di Kualifikasi Euro 2024. Portugal sudah menjalani enam laga kualifikasi Euro 2024 dengan catatan sempurna, meraih enam kemenangan dan kini berada di puncak klasemen Grup J.

"Saya tidak berpikir itu mudah atau sederhana. Kami memahami dengan baik apa yang diinginkan pelatih untuk kami terapkan," ujar Rafael Leao.

"Para pemain memberikan respons baik dalam setiap pertandingan dan saya pikir itu menjadi faktor penting," lanjutnya.

Sumber: Football Italia

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Italia

Video Populer

Foto Populer