Sukses


Old Trafford dan Stadion Anfield Tak Masuk Daftar Venue Euro 2028, Ini Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Euro 2028 resmi akan berlangsung di Britania Raya dan Republik Irlandia. Sebanyak 10 stadion telah ditunjuk untuk menjadi venue pertandingan turnamen tersebut.

Pengumuman ditunjuknya Britania Raya dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah Euro 2028 dikonfirmasi UEFA melalui laman resmi pada Selasa (10/10/2023) malam waktu setempat.

Terpilihnya Britania Raya dan Republik Irlandia karena Turki menarik diri dari proses bidding. Turki lebih memilih fokus untuk menjadi tuan rumah Euro 2032 bersama Italia.

Nantinya akan ada delapan kota yang bakal menjadi lokasi pertandingan turnamen elite antarnegara Eropa tersebut. Kota-kota itu adalah Belfast, Birmingham, Cardiff, Dublin, Glasgow, Liverpool, London, Manchester dan Newcastle.

Namun kedelapan kota ini masih dalam tahap usulan. Ada kemungkinan terjadi perubahan kota-kota penyelenggara Euro 2028 seiring berjalannya waktu.

 -----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Digelar di 10 Stadion

Untuk menghelat pertandingan-pertandingan Euro 2028, sebanyak 10 stadion telah dipilih. Satu di antaranya adalah Stadion Wembley, London yang memiliki kapasitas hingga 90 ribu tempat duduk tersebut.

Sementara itu, mantan kapten Timnas Wales, Gareth Bale, mengaku senang Euro 2028 bisa digelar di Britania Raya dan Republik Irlandia. Bale pun berharap laga pembuka bisa digelar di Principality Stadium, Cardiff.

"Bagi saya sebagai orang Wales, saya ingin Cardiff menjadi tuan rumah pertandingan pembuka. Kami memiliki stadion dan infrastruktur untuk itu," ujar Bale.

 

3 dari 6 halaman

Tak Ada Old Trafford dan Anfield

Namun, dari 10 stadion yang bakal menjadi venue pertandingan Euro 2028, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) tak memasukkan Old Trafford dan Stadion Anfield.

Padahal, kedua stadion tersebut memiliki kapasitas yang besar untuk menjadi venue laga turnamen tersebut. Old Trafford yang merupakan kandang Manchester United memiliki kapasitas 74.310 tempat duduk.

Sementara itu, Stadion Anfield yang menjadi kandang Liverpool mampu menampung hingga 61.905 penonton. Lantas, apa yang menyebabkan kedua stadion tersebut tak masuk daftar venue pertandingan Euro 2028?

 

4 dari 6 halaman

Old Trafford Butuh Direnovasi

Menurut laporan Manchester Evening News, Old Trafford awalnya menjadi satu dari stadion yang diajukan FA untuk menggelar laga Euro 2028. Namun, rencana tersebut urung terealisasi karena Old Trafford akan dipugar.

Keinginan untuk merenovasi Old Trafford juga tak kunjung terlaksana, karena belum mendapatkan lampu hijau dari keluarga Glazer. MU ragu proses renovasi memakan waktu lama, dan belum selesai ketika Euro 2028 digelar.

"Manchester United dengan senang hati menempatkan Old Trafford sebagai calon tuan rumah pertandingan Euro 2028, dan bangga dengan alasan kuat yang kami buat," bunyi pernyataan resmi Manchester United.

"Namun, selama diskusi lanjutan dengan FA, menjadi jelas jika kami tidak dapat memberikan kepastian yang diperlukan mengenai ketersediaan Old Trafford, karena potensi pembangunan kembali stadion tersebut. Oleh karena itu, kami sepakat untuk menarik diri dari daftar calon tuan rumah."

"Kami berkomitmen untuk mempertahankan status Old Trafford sebagai stadion sepak bola klub terbesar dan paling ikonik di Inggris, dan menantikan peluang di masa depan untuk menjadi tuan rumah pertandingan internasional dan acara besar di Theatre of Dreams," tambah pernyataan itu.

 

5 dari 6 halaman

Anfield Tak Sesuai Standar

Di sisi lain, situasi berbeda dialami Stadion Anfield. Meski memiliki kapastitas besar, Anfield dianggap tidak memenuhi syarat karena peraturan UEFA.

Berdasarkan peraturan UEFA, spesifikasi lapangan untuk turnamen internasional memerlukan dimensi 105m x 68m. Sementara itu, ukuran Stadion Anfield hanya kurang 4 meter, meskipun lebar lapangan telah memenuhi syarat, yakni 68 meter.

Menurut laporan The Sun, Liverpool tidak dapat memperluas ukuran, karena bangku penonton di belakang gawang sudah terlalu dengan pinggir lapangan.

 

6 dari 6 halaman

Daftar Stadion untuk Euro 2028:

Stadion Wembley (London, kapasitas 90.000)

Tottenham Hotspur Stadium (London, kapasitas 62.850)

Stadion Etihad (Manchester, kapasitas 53.400)

Villa Park (Birmingham, kapasitas 42.640)

St.James' Park (Newcastle, kapasitas 52.000)

Everton Stadium (Liverpool, kapasitas 53.000)

Hampden Park (Glasgow, kapasitas 52.000)

Principality Stadium (Cardiff, kapasitas 74.500)

Aviva Stadium (Dublin, kapasitas 51.700)

Casement Park (Belfast, kapasitas 34.000)

Sumber: Manchester Evening News, The Sun

Video Populer

Foto Populer