Sukses


6 Pemain Beken yang Gantung Sepatu pada 2023: Dari Kiper Terbaik Dunia sampai Ada yang Pensiun di Umur 32 Tahun

Bola.com, Jakarta - Tahun 2023 diwarnai dengan banyaknya pesepak bola terbaik dunia yang memilih jalan pensiun. Usia yang tidak lagi muda atau bolak-balik penyembuhan cedera menjadi faktornya.

Ada pemain yang pernah memenangi Piala Dunia, Liga Champions, dan gelar bergengsi lainnya masuk dalam antara daftar pemain berbakat yang pensiun tahun ini.

Para penggemar sepak bola tentu sangat familiar dengan nama-nama mereka yang memilih gantung sepatu. Akan menjadi semacam kesedihan dan merasakan luapan nostalgia karena para pemain ini sudah tidak lagi bermain.

Bakat para pemain ini dipadukan dengan kepribadian besar yang akan dikenang selama beberapa dekade mendatang.

Berikut ini enam pemain top dunia yang memutuskan pensiun di tahun 2023.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Mesut Ozil (35 Tahun)

Kita awali dari sosok Mesut Ozil, pesepak bola terbaik yang meraih kesuksesan di Timnas Jerman, Arsenal, dan Real Madrid.

Kontribusinya besar ketika membawa Der Panzer juara Piala Dunia 2014. Kemudian memenangkan La Liga bersama Real Madrid, serta empat trofi Piala FA dengan Arsenal.

Perselisihan dengan Mikel Arteta mengakibatkan kepergiannya dari klub sebelum ia memulai dua musim di Turki dan akhirnya pensiun pada tahun 2023.

3 dari 7 halaman

Cesc Fabregas (36 Tahun)

Cesc Fabregas dikenal sebagai wonderkid terbaik di zamannya setelah menerobos tim utama Arsenal. Bahkan di usia 21 tahun, ia ditunjuk menjadi kapten Arsenal pada 2008.

Pemain asal Spanyol itu adalah pemain yang bersinar di bawah asuhan Arsene Wenger. dan penampilan lini tengahnya yang memukau membuatnya kembali ke klub masa kecilnya, Barcelona pada tahun 2011.

Fabregas telah memenangkan hampir semua trofi sepanjang karirnya setelah memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa bersama Spanyol. Ia juga meraih trofi kompetisi domestik bersama Barcelona dan Chelsea.

Di akhir kariernya, Fabregas mempersingkat kontrak dua tahun dengan Como di Serie B pada musim panas 2023, dan kemudian mengungkapkan pensiun.

4 dari 7 halaman

Gianluigi Buffon (45 Tahun)

Sosok Buffon mungkin adalah kiper paling ikonik sepanjang masa. Kiper asal Italia ini merupakan legenda Juventus yang bermain untuk klub tersebut selama 19 tahun dalam dua periode berbeda.

Kepindahan awalnya dari Parma ke klub Turin dengan biaya rekor dunia untuk seorang penjaga gawang pada saat itu menunjukkan kualitas yang diyakini dimilikinya.

Karirnya di dunia sepak bola membuktikan bahwa pemikiran tersebut akurat karena ia menjadi bagian dari tim Juventus yang sangat dominan selama sebagian besar masa tinggalnya bersama Si Nyonya Tua.

Prestasi terbesar dalam karirnya adalah 10 gelar Serie A yang diraihnya serta kesuksesan Piala Dunia 2006 bersama Italia, saat timnya memenangkan adu penalti melawan Prancis. Buffon akhirnya gantung sarung tangan pada usia 45 tahun di musim panas 2023.

5 dari 7 halaman

Eden Hazard (32 Tahun)

Eden Hazard adalah sosok pesepak bola hebat terkini yang memutuskan pensiun, bahkan di usia yang relatif masih muda, yaitu 32 tahun.

Hazard mekar bersama Lille dan Chelsea, sebelum segala sesuatunya tidak berjalan ketika berseragam Real madrid. Cedera menghantui pemain Belgia itu dan hanya mencetak tujuh gol selama di Santiago Bernabeu.

Selama di Chelsea, Hazard membantu The Blues meraih dua gelar Premier League dan dua trofi Liga Europa dan mencetak lebih dari 100 gol.

6 dari 7 halaman

Gareth Bale (34 Tahun)

Siapa yang tidak kenal Gareth Bale, salah satu pemain kidal paling mematikan. Berkembang di Tottenham Hotspur, Bale menyentuh langit tertinggi ketika bergabung dengan Real Madrid.

 Lima trofi Liga Champions adalah prestasi yang luar biasa menurut standar siapa pun dan Bale adalah pemain yang menonjol di lebih dari satu final di turnamen tersebut.

Tapi di tahun 2023 ini, Bale juga memutuskan pensiun di usia muda, 34 tahun. Keputusannya tidak mengejutkan banyak orang karena minat dan hasrat Bale terhadap olahraga tersebut tampaknya memudar.

7 dari 7 halaman

Zlatan Ibrahimovic (42 Tahun)

Bintang Swedia, Zlatan Ibrahimovic sudah berkelana di banyak klub besar Eropa. Juventus, Inter Milan, Barcelona, Manchester United, AC Milan adalah klub-klub mentereng yang pernah dibelanya.

Bahkan ia masih buas di depan gawang lawan di saat usianya menginjam kepala empat. Tapi berbagai cedera dalam beberapa tahun terakhir bersama AC Milan telah menjadi akhir dari kisah luar biasa dalam karier Ibrahimovic.

Sampai akhirnya pemain berusia 42 tahun ini benar-benar pensiun di tahun 2023. Ibra telah menorehkan 496 gol dari 827 pertandingan sepanjang kariernya. Sebagai pemain top, trofi bergengsi Liga Champions belum dapat diraihnya sampai gantung sepatu.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer