Sukses


Ketimbang Indonesia, Brunei Lebih Pilih Dukung Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Bola.com, Bandar Seri Begawan - Asosiasi Sepak Bola Brunei Darussalam (FABD) memberikan dukungan penuh kepada Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Padahal, Indonesia bersama Australia dan negara Asia Tenggara lainnya sedang berusaha untuk ikut pengajuan tuan rumah.

Dukungan yang diberikan FABD mengacu pada keseriusan Arab Saudi dalam pengajuan tuan rumah Piala Dunia 2034. Presiden FABD, Matusin Matasan, menyebut Arab Saudi sudah sangat siap menggelar event bergengsi tersebut.

"FABD yakin Kerajaan Arab Saudi memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi tuan rumah acara sepak bola bergengsi dan untuk menyelenggarakannya dengan sukses, InsyaAllah," kata Matusin Matasan seperti dikutip situs resmi FABD.

Sejauh ini, hanya Arab Saudi yang mengonfirmasi maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034. Adapun negara-negara lainnya masih menimbang dan mencari partner dalam rencana pengajuan tersebut.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berkembang Cepat

Arab Saudi awalnya ingin mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 dengan berpartner bersama negara lain. Namun, Arab Saudi akhirnya memilih mundur karena bertekad menjadi tuan rumah tunggal.

Sejauh ini, Arab Saudi menjadi favorit tuan rumah Piala Dunia 2034. Arab Saudi juga penuh percaya diri bakal mendapatkan dukungan penuh dari federasi-federasi sepak bola dunia untuk menggelar turnamen elite tersebut.

Keseriusan Arab Saudi sudah terlihat sejak awal 2023. Mereka mengembangkan kualitas sepak bola nasional melalui liga dengan mendatangkan sejumlah pemain elite dunia semisal Cristiano Ronaldo, Roberto Firmino, hingga Neymar.

3 dari 4 halaman

Australia Cari Partner

Arab Saudi akan menghadapi saingan dari Australia. Negeri kanguru itu juga punya hasrat besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Untuk menjadi tuan rumah persyaratan kapasitas minimum FIFA pada venue pertandingan adalah 40 ribu kursi. Saat ini, hanya ada sembilan stadion yang memenuhi syarat, dan tidak semuanya sempurna.

Australia bisa mengajak Selandia Baru sebagai mitra untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, itu tidak cukup karena Selandia Baru juga punya stadion yang terbatas.

4 dari 4 halaman

Indonesia Pantau Situasi

Sementara itu, Indonesia juga kabarnya berminat untuk menggelar Piala Dunia 2034. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sedang melobi sejumlah negara Asia Tenggara agar bisa menjadi tuan rumah bersama.

"Soal bidding Piala Dunia 2034, itu proses setahun. Kami belum masukan bidding. Bisa saja nanti kalau kami melihat situasinya mungkin tidak kuat, kami akan berhitung kembali," ucap Erick Thohir.

"Tetapi, saya keberatan jika kita dianggap tidak kapabilitas. Sebagai bangsa untuk event dunia, wah saya keberatan. Masa negara sebesar ini dianggap sebelah mata," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer