Sukses


Jelang Borussia Dortmund Vs Bayern Munchen, Philipp Lahm Ungkap Pentingnya Sosok Manuel Neuer pada Der Klassiker

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund akan menghadapi rivalnya, Bayern Munchen, pada lanjutan Bundesliga, Minggu (5/11/2023) dini hari WIB. Mantan kapten Die Bayern, Philipp Lahm, mengungkap peran penting Manuel Neuer dalam laga bertajuk Derbi Der Klassiker ini.

Manuel Neuer sudah lama absen karena cedera. Beruntung buat Bayern Munchen, kiper andalan Timnas Jerman itu sudah pulih dan siap menghadapi Dortmund.

Munchen sebenarnya memiliki kiper tangguh lainnya, Sven Ulreich. Tetapi Lahm melihat kembalinya Neuer bukan cuma bagus buat Munchen, tetapi sepak bola Jerman secara umum.

"Pertama-tama, senang rasanya melihat Neuer kembali merumput setelah cedera hampir satu tahun. Permainannya bukan cuma dirindukan oleh Jerman, tetapi dunia. Sudah berapa banyak ia meraih gelar kiper terbaik level dunia," kata Philipp Lahm.

"Manuel Neuer adalah kapaten Bayern Munchen, dia sosok yang penting buat tim ini, juga buat Timnas Jerman," katanya lagi.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Der Klassiker Spesial

Bagi Philipp Lahm yang sudah merasakan panasnya Der Klassiker, edisi musim ini pun diyakininya bakal terasa spesial. Sulit baginya menentukan mana yang spesial karena menurutnya setiap derbi sangat membekas di benaknya.

"Kebanyakan dari Der Klassiker sangat membekas karena ada banyak pertarungan yang dipertaruhkan, baik di Liga Jerman maupun DFB Pokal."

"Banyak pemain yang pernah berseragam Munchen dan Dortmund. Rivalitas yang kami bangun di setiap kompetisi, baik itu Liga Jerman, DFB Pokal, hingga Liga Champions, sungguh luar biasa," katanya lagi.

 

3 dari 3 halaman

Singgung Persaingan Musim Lalu

Secara spesifik Lahm menyinggung mengenai persaingan di musim lalu, di mana Dortmund dan Munchen bersaing memperebutkan gelar juara Liga Jerman.

"Ya, Dortmund punya peluang besar di hari terakhir musim lalu, mereka hanya perlu memenangkan pertandingan untuk menjadi juara, mereka kalah, dan kemudian Bayern di menit terakhir menjadi juara," katanya menambahkan.

"Saya pikir Dortmund harus berani, mereka harus percaya pada kemampuan mereka bermain sepak bola, dan mereka harus 100% fokus, Anda harus memberikan 100% di lapangan, kesalahan kecil apa pun akan dihukum."

Video Populer

Foto Populer