Sukses


5 Stadion Bersejarah dan Unik di J1 League: Simak Cerita-cerita di Baliknya

Bola.com, Jakarta - Jika klub sepak bola diibaratkan sebagai sebuah keluarga, stadion merupakan sebuah rumah. Stadion menjadi tempat fans berkumpul merayakan klub kebanggaanmereka.

Stadion adalah tempat sakral yang jadi saksi tawa, tangis, drama, dan magis sepak bola di setiap sudutnya.

Tiap stadion punya cerita mereka sendiri. Ini adalah cerita dari stadion klub-klub Meiji Yasuda J1 League. 

Berikut ini lima stadion yang unik dan bersejarah di J1 League 2023

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Stadion Saitama 2002

Seperti namanya, stadion ini memang dibangun menyambut perhelatan Piala Dunia 2002 dan jadi saksi laga perdana Jepang sampai semifinal.

Berkapasitas 62.010 penonton, stadion ini merupakan stadion khusus sepak bola terbesar di Jepang dan jadi kandang Urawa Red Diamonds sejak dibuka pada 2001.

Saitama Stadium 2002 adalah saksi bagaimana Setan Merah Saitama menjadi salah satu klub terbesar Negeri Sakura, termasuk gelar J1 League pada 2006.

Yang teranyar, Urawa Reds berhasil jadi juara Liga Champions Asia 2022 di stadion ini dengan mengalahkan Al Hilal di partai puncak.

 

3 dari 6 halaman

2. Stadion Nissan

Final Piala Dunia 2002 Brasil kontra Jerman dihelat di sini, menjadikan Nissan Stadium salah satu stadion paling bersejarah di Negeri Sakura.

Berkapasitas 71.822 penonton, stadion ini sempat jadi stadion dengan kapasitas terbesar selama 21 tahun di Jepang sampai akhirnya dikalahkan Stadion Nasional pada 2019.

Yokohama F. Marinos sudah menggunakan stadion ini sebagai rumah sejak 1999 dan Tricolor empat kali jadi juara J1 League di sini.

 

4 dari 6 halaman

3. Sapporo Dome

Berada di Sapporo, Hokkaido, stadion ini memiliki kubah besar yang bisa dibuka dan ditutup demi melindungi bagian dalam dari cuaca dingin dan salju saat musim dingin tiba.

Kandang Hokkaido Consadole Sapporo ini juga memiliki dua lapangan dengan rumput sintetis dan rumput asli yang bisa digeser keluar masuk dan diganti sesuai kebutuhan.

Berkapasitas 38.794 penonton, Sapporo Dome sudah jadi kandang Consadole sejak dibuka pada tahun 2001 lalu.

 

5 dari 6 halaman

4. Stadion Kashima Soccer

Tak seperti stadion klub J1 League lainnya, Kashima Soccer Stadium berada di pinggiran kota, dikelilingi sawah dan ladang penduduk setempat.

Meski begitu, stadion berkapasitas 39.170 penonton ini merupakan salah satu stadion paling bersejarah di J1 League.

Menjadi kandang Kashima Antlers sejak dibuka pada 1993, Kashima Soccer Stadium jadi saksi bagaimana Antlers juara J1 League delapan kali, rekor gelar juara terbanyak sepanjang sejarah J.League.

 

6 dari 6 halaman

5. Sanga Stadium by Kyocera

Kandang Kyoto Sanga ini baru dibuka pada 2020, tetapi memiliki perpaduan sempurna arsitektur tradisional dan modern.

Stadion dengan bentuk segi delapan ini dibangun dengan besi dan kayu yang berasal dari seluruh penjuru Prefektur Kyoto.

Berkapasitas 21.623 penonton, stadion ini dikelilingi area persawahan dan jadi saksi bagaimana Kyoto Sanga kembali ke kasta teratas usai 11 tahun di J2 League.

Sumber: J League

 

Video Populer

Foto Populer