Sukses


Thailand Pecat Mano Polking! Digantikan Pelatih Jepang

Bola.com, Bangkok - Timnas Thailand memecat pelatihnya, Alexandre Mano Polking, hanya sehari setelah menang 3-1 atas Timnas Singapura di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam atau Madam Pang, mengumumkan pemberhentian Mano Polking melalui akun Facebooknya pada Rabu (22/11/2023) sore WIB.

Timnas Thailand mencopot Mano Polking buntut kekalahan 1-2 dari Timnas China dalam partai pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 16 November 2023.

Tim berjulukan Gajah Putih itu mengganti Mano Polking dengan Masatada Ishii, pria Jepang berusia 56 tahun yang pernah menangani klub Jepang, Kashima Antlers.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Madam Pang

Masatada Ishii telah dipersiapkan sebagai pelatih Timnas Thailand karena sudah menjadi Direktur Teknik Gajah Putih pada Agustus 2023.

"Setelah performa dalam dua partai Kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak berjalan sesuai rencana, Masatada Ishii harus segera menggantikannya," tulis Madam Pang.

"Untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang baru melewati dua partai, tidak dapat disangkal bahwa semua orang mengharapkan dan memiliki harapan yang banyak," ucap Madam Pang.

3 dari 4 halaman

Tidak Sesuai Harapan

"Namun, karena penampilan tidak berjalan sesuai rencana, apalagi dalam partai pertama kalah 1-2 dari China, berdampak signifikan terhadap kesempatan lolos ke putaran ketiga dalam empat laga tersisa," imbuh Madam Pang.

"Oleh karena itu, saya harus menginformasikan kepada Presiden Federasi Sepak Bola Thailand dan berbicara dengan coach Mano Polking, yang menurut saya, sudah waktunya perubahan."

"Sebagai manajer, saya mengucapkan terima kasih kepada coach Mano Polking dan staf pelatih atas tugas mereka yang berdedikasi dan berkomitmen selama dua tahun terakhir," tutur wanita berusia 56 tahun itu.

4 dari 4 halaman

2 Gelar Piala AFF

Mano Polking melatih Thailand sejak 2021. Pria Brasil-Jerman ini mempersembahkan dua gelar Piala AFF 2020 yang digelar pada 2021 dan 2022.

Mano Polking memimpin Thailand dalam 37 pertandingan dengan perolehan 21 kemenangan, enam kali seri, dan sepuluh kali kalah.

Video Populer

Foto Populer