Sukses


Fussballliebe, Bola Resmi Euro 2024: Tampilan dan 4 Keunggulannya

Bola.com, Jakarta - Adidas telah meluncukan bola resmi pertandingan Euro 2024 dengan nama Fussballliebe. Memiliki arti 'cinta sepak bola' bola resmi ini punya empat keunggulan. Seperti apa tampilannya?

Menurut Adidas, Fussballliebe dirancang khusus untuk akurasi yang lebih tinggi dalam permainan. Melalui penelitian dan pengujian di laboratorium dan di lapangan, panel PrecisionShell 20, salah satu keunggulan bola ini, digunakan untuk mengontrol aliran udara di sekitar bola untuk akurasi yang maksimum.

Cangkang luar bola yang didukung CTR-CORE, yang juga merupakan keunggulan dari bola ini, dirancang untuk akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat.

Selain itu, Adidas membawa teknologi Connected Ball. Teknologi ini mengirimkan data bola secara akurat kepada ofisial pertandingan melalui real time video. Teknologi ini menggabungkan data posisi pemain dengan AI, di mana inovasi ini berkontribusi kepada teknologi offside semi-otomatis yang digunakan UEFA.

Teknologi ini juga bisa membantu petugas VAR untuk mengidentifikasi setiap sentuhan bola yang dilakukan pemain, di mana ini bisa mengurangi waktu analisis ketika ada insiden handball di kotak penalti yang membutuhkan keputusan jelas dari petugas VAR.

"Euro merupakan puncak kompetisi tim nasional di Eropa, dan kami berkomitmen untuk memastikan setiap aspek, mulai dari tempat hingga peralatan, menjunjung standar kualitas dan kinerja tertinggi," ujar Direktur Teknis dan Kepala Sepak Bola UEFA," Zvonimir Boban.

"Seperti biasa, kami yakin Fussballliebe akan menandai langkah lain dalam dedikasi bersama kami untuk mencapai keunggulan," lanjutnya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Keragaman Turnamen Tergambar di Fussballliebe

Desain Fussballliebe mewakili pergerakan bola dan energi permainan, hal itu terlihat dari bentuk sayap hitam yang menonjol dan dipertegas dengan tepi, kurva, dan titik warna-warni.

Penggunaan merah, biru, hijau, dan oranye, menjadi simbol sebuah perayaan semangat yang dibawa oleh negara-negara peserta yang mengikuti Euro 2024

"Saat merancang bola resmi ini, kami terinspirasi oleh energi dan keragaman turnamen, serta cinta yang dimiliki Eropa untuk sepak bola. Dengan pemikiran itu, kami berharap Fussballliebe akan membawa kegembiraan di mana pun ia ditendang," ujar Wakil Presiden Produk dan Desain Adidas, Sam Handy.

"Membawa teknologi bola terhubung kami ke Euro 2024 adalah momen penting dalam sejarah turnamen, dan hasil dari komitmen kami terhadap inovasi luar biasa yang meningkatkan pengalaman bagi ofisial pertandingan, pemain, dan juga penggemar," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Sudah Diperkenalkan di Jerman

Fussballliebe diluncurkan kali pertama di Stadion Olimpia Berlin, Jerman, pada 17 November 2023. Bola dengan teknologi ini akan digunakan dalam 51 pertandingan Euro 2024 yang akan dimulai pada 14 Juni tahun depan.

Adidas telah menyebarkan Fussballliebe ke sembilan kota yang akan menyelenggarakan pertandingan Euro 2024, termasuk menyumbangkan 900 bola tambahan ke sekolah dan klub sepak bola.

Adidas juga sudah meluncurkan bola resmi ini untuk dijual dengan harga 150 euro, atau sekitar Rp2,5 juta. Namun, untuk bola yang dijual untuk umum, tentunya tidak dilengkapi dengan teknologi Connected Ball.

 

4 dari 4 halaman

4 Keunggulan Fussballliebe

  • Teknologi Adidas Connected Ball

Ini merupakan sebuah sistem suspensi di tengah bola yang menampung dan menstabilkan sensor gerak dengan uni pengukurang inersia (IMU) 500Hz.

Teknologi ini memberikan citra yang belum pernah ada mengenai setiap elemen pergerakan bola. Sensor ini menggunakan daya dari baterai isi ulang yang bisa diisi dengan cara induksi.

  • CTR Core

Inti bola yang inovatif, yang diatur untuk akurasi dan konsistensi. Ini mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan bentuk dan retensi udara maksimum.

Inti terdiri dari dua komponen, kantung tanpa limbah yang mengandung karet alam terbarukan dan karsas yang terbuat dari kain PES ganda yang memberikan kekuatan dan bentuk pada kantung.

  • PrecisionShell

Kulit poliuretan (PU) bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta berbentuk panel 20 bagian yang meningkatkan aerodinamis bola.

  • Material Bio Terbarukan

Selain menggunakan poliester daur ulang dan tinta berbasis air, Fussballliebe terbuat dari lebih banyak zat berbasis bio daripada bola resmi sebelumnya.

Setiap lapisan bola telah disesuaikan untuk bahan seperti serat jagung, tebu, bubur kayu, dan karet, tanpa memengaruhi performanya.

 

Sumber: Adidas

Video Populer

Foto Populer