Sukses


Detik-Detik Terlemparnya Santos ke Kasta Kedua Liga Brasil: Akibat Blunder Konyol Sang Kiper pada Injury Time

Bola.com, Sao Paulo - Santos merupakan satu di antara klub tersukses di Brasil dan juga Amerika Selatan. Namun pada musim ini, Santos secara mengejutkan harus terlempar ke kasta kedua Liga Brasil, Campeonato Brasileiro Serie B.

Santos bersua Fortaleza pada laga pekan terakhir Campeonato Brasileiro Serie A musim ini di Estadio Urbano Caldeira, Santos, Kamis (7/12/2023) pagi WIB. Bermain di kandang sendiri, klub yang dijuluki Peixe tersebut bertekad memetik tiga poin demi bisa selamat dari zona degradasi.

Namun, Santos mendapat perlawanan sengit dari Fortaleza. Saat duel berjalan 39 menit, Santos tertinggal lebih dulu setelah Marinho berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Pada menit ke-58, Santos berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Messias setelah memanfaatkan umpan dari Lucas Lima. Petaka terjadi bagi Santos pada menit ke-90+6.

Tim asuhan Marcelo Fernandes tersebut coba mencetak gol kedua demi berbalik unggul. Namun, upaya Santos membangun serangan berhasil dipatahkan Fortaleza dan bola direbut Lucas Sasha.

Si kulit bundar pun lantas diberikan kepada Juan Lucero. Melihat kiper Santos, Joao Paulo, yang terlalu jauh keluar dari sarangnya, membuat Lucero langsung mengirimkan bola ke gawang dari tengah lapangan.

Kiper Joao Paulo hanya bisa terpaku melihat bola masuk ke gawang Santos. Sampai pertandingan berakhir, klub yang membesarkan Pele dan Neymar tersebut menyerah 1-2 dari Fortaleza.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terdegradasi untuk Pertama Kalinya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Santos Futebol Clube (@santosfc)

Kekalahan tersebut membuat Santos berada di papan bawah klasemen akhir Campeonato Brasileiro Serie A. Santos bercokol di peringkat ke-17 atau batas akhir zona degradasi.

Dari 38 pertandingan musim ini, Pixie hanya mengoleksi 43 poin setelah meraih 11 kemenangan, 10 hasil imbang, dan menelan 17 kekalahan. Mereka tertinggal satu angka dari Bahia yang berada di urutan ke-18, atau zona selamat lolos dari terlempar ke Serie B

Gara-gara blunder yang dilakukan Joao Paulo pada detik-detik terakhir laga membuat Santos harus terdegradasi untuk pertama kalinya sejak 111 tahun berdiri.

Terlemparnya Santos ke Serie B, maka hanya tersisa dua klub Brasil yang belum pernah main di kasta kedua dan seterusnya, yakni Sao Paulo dan Flamengo. Musim ini kedua klub itu berada di papan tengah.

 

3 dari 4 halaman

Kerap Gonta Ganti Pelatih

Memasuki era saat ini, Santos berangsur-angsur menjadi tim yang seperti kapal oleng. Mereka sering gonta-ganti pelatih. Meski sudah bisa beroperasi di bursa transfer, mereka tetap saja kekurangan talenta yang menonjol di klub.

Padahal mereka sempat untung besar ketika melepas Angelo dan Deivid Washington ke Chelsea dengan harga mahal. Namun, mereka malah membeli pemain uzur macam Tomas Rincon maupun Julio Furch.

Andalan Santos musim ini mungkin hanya Marcos Leonardo, permata muda sekaligus top skor Santos musim ini yang diincar Real Madrid.

Dengan racikan pelatih caretaker keempat musim ini Marcelo Fernandes, Santos tak kunjung bangkit. Mereka lama terseok di papan bawah klasemen Serie A Brasil. Tak seperti musim-musim sebelumnya yang selamat, musim 2023 ini benar-benar menjadi mimpi buruk.

 

4 dari 4 halaman

Simak Blunder Konyol Kiper Santos

Video Populer

Foto Populer