Sukses


5 Pemain Tersubur di 5 Liga Top Eropa Saat Ini: Tak Semua Bawa Tim ke Puncak, tapi Tetap Bersaing di Papan Atas

Bola.com, Jakarta - Kompetisi 2023/2024 sudah hampir mencapai setengah perjalanan. Menariknya, tim yang tengah bersaing di papan atas dalam lima liga top Eropa, sama-sama memiliki mesin gol yang berada di puncak daftar top scorer masing-masing liga, meski tidak semua tentunya.

Hingga Senin (18/12/2023), kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League, sudah sampai 17 pekan pertandingan. Arsenal bersaing ketat dengan Liverpool dan Aston Villa di papan atas klasemen, sementara sang juara bertahan, Man City, berada di posisi keempat dengan selisih poin yang cukup jauh, yaitu lima poin dari Arsenal yang ada di puncak.

Tak berbeda dengan Premier League, kompetisi kasta tertinggi Liga Spanyol, La Liga, juga cukup ketat di papan atas. Menariknya, bukan Barcelona yang jadi pesaing utama Real Madrid saat ini, melainkan Girona.

Los Blancos berada di puncak dan hanya terpaut satu poin di atas Girona. Sementara Barcelona berada di posisi ketiga dengan tertinggal enam poin di belakang Girona.

Sedikit berbeda dengan Bundesliga Jerman, Serie A Liga Italia, dan Ligue 1 Prancis. Bayer Leverkusen berada di puncak klasemen Bundeliga dengan unggul empat poin di atas Bayern Munchen. Paris Saint Germain unggul lima poin di atas Nice, sementara Inter Milan unggul empat poin dari Juventus.

Namun, melihat semua persaingan papan atas kelima liga top Eropa itu, siapa yang menjadi pemain tersubur? Apakah mereka yang tersubur membantu tim untuk berada di puncak klasemen? Atau hanya bersaing di papan atas?

2 dari 6 halaman

Harry Kane (20 Gol - Bundesliga)

 

Striker Inggris ini benar-benar membuktikan ketajaman dan kebahagiaannya setelah bergabung bersama Bayern Munchen di Bundesliga. Keputusannya untuk meninggalkan Tottenham Hotspur seakan benar-benar tepat.

Harry Kane sudah mencetak 20 gol setelah Bayern Munchen melewati 14 laga hingga saat ini. Bahkan Striker Timnas Inggris ini mencatatkan diri sebagai pemain tercepat yang mencetak 15 gol pada musim pertamanya di Bundesliga.

Ketajamannya bersama Bayern Munchen memang tidak perlu diragukan lagi. Jumlah 20 gol itu juga tak lepas dari kemampuannya mencetak lebih dari satu gol dalam beberapa pertandingan.

Harry Kane tercatat mencetak hattrick dan brace masing-masing dalam tiga pertandingan yang dijalani Bayern Munchen di Bundesliga musim ini. Bukan tidak mungkin jika mampu menjaga performanya itu hingga akhir musim, Harry Kane mampu mencatatkan lebih banyak rekor.

Sayangnya, ketajaman Harry Kane itu belum benar-benar memberikan pengaruh kepada Bayern Munchen. Saat ini langganan juara Bundesliga itu berada di posisi kedua dengan tertinggal empat poin dari Bayer Leverkusen yang ada di puncak klasemen.

3 dari 6 halaman

Kylian Mbappe (16 Gol - Ligue 1)

 

Bomber andalan Paris Saint-Germain (PSG) ini memang dalam masa-masa keemasan dalam beberapa musim terakhir. Pada musim ini, setelah PSG melewati 16 laga, Kylian Mbappe juga sudah mencetak 16 gol, termasuk 5 penalti di antaranya.

Ia mencetak 16 gol dalam 10 pertandingan, di mana striker Timnas Prancis ini mampu mengemas brace dalam tiga pertandingan dan hattrick dalam satu laga. Itulah yang membawa Mbappe mampu bertengger di puncak daftar top scorer Ligue 1 Prancis.

Seiring dengan ketajamannya di lini serang PSG, Mbappe juga membantu tim yang dibelanya itu untuk berada di puncak klasemen Ligue 1 Prancis dengan keunggulan lima poin dari Nice yang ada di posisi kedua.

4 dari 6 halaman

Lautaro Martinez (15 Gol - Serie A)

 

Beralih Serie A Liga Italia, bomber Inter Milan, Lautaro Martinez, berada di daftar teratas untuk menjadi capocannoniere musim ini.

Seperti halnya Inter Milan yang unggul empat poin di atas Juventus dalam klasemen Serie A Liga Italia, Martinez unggul enam gol dari pesaing terdekatnya, Domenico Berardi, di daftar top scorer.

Lautaro Martinez sejauh ini sudah mencetak 15 gol untuk membantu Inter Milan berada di puncak klasemen Liga Italia.

Pemain asal Argentina itu sempat mencetak quattrick dengan memborong semua gol Inter Milan saat menang 4-0 atas Salernitana pada 1 Oktober 2023.

Selain itu ia juga sempat dua kali mencatatkan brace, masing-masing saat menang 2-0 atas Monza, dan 4-0 atas Fiorentina.

Dari 10 pertandingan di mana Martinez berhasil mencetak gol, hanya dua kali Inter Milan gagal meraih kemenangan. Artinya, Inter Milan mencatatkan 80 persen kemenangan dalam pertandingan ketika Lautaro Martinez mencetak gol.

5 dari 6 halaman

Erling Haaland (14 Gol - Premier League)

 

Bomber Man City ini sudah mencetak 14 gol hingga sejauh ini. Striker muda asal Norwegia itu unggul tiga gol di atas winger Liverpool, Mohamed Salah.

Namun, belakangan Erling Haaland harus menepi karena cedera kaki yang dialaminya. Ia diperkirakan harus beristirahat antara dua hingga tiga pekan.

Erling Haaland sebenarnya belum kehilangan sentuhan yang sama seperti yang diperlihatkan pada musim lalu.

Pada musim ini, ia cukup sering mencetak lebih dari satu gol dalam satu pertandingan, seperti ketika membantu Man City menang 3-0 di Old Trafford, bermain imbang 4-4 di Stamford Bridge, atau mencetak hattrick ketika menang 5-1 atas Fulham.

Namun, jika tidak segera kembali dari cedera yang dialaminya, torehan gol Erling Haaland terancam dilewati oleh Mohamed Salah, atau bahkan Jarrod Bowen dan Son Heung-min.

Persoalannya, absennya Erling Haaland cukup memberikan pengaruh bagi performa Man City yang juga sudah kehilangan Kevin de Bruyne cukup lama. Man City hanya meraih satu kemenangan dalam lima pertandingan terakhirnya di Premier League.

6 dari 6 halaman

Jude Bellingham (13 Gol - La Liga)

 

Sementara itu, di La Liga Spanyol ada Jude Bellingham yang saat ini ada di puncak daftar top scorer kompetisi kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu.

Pemain asal Inggris itu sudah mencetak 13 gol setelah Real Madrid mencatat 17 pertandingan di La Liga musim ini.

Jude Bellingham mencetak 13 gol dalam 10 pertandingan Real Madrid, termasuk dua gol ketika Real Madrid menang 2-1 di markas Barcelona.

Satu hal yang pasti, Real Madrid bisa berada di puncak klasemen La Liga tak lepas dari peran besar Jude Bellingham yang memang menjadi pencetak gol terbanyak Los Blancos, bahkan unggul 6 gol dari rekan setimnya, Rodrygo.

Ini juga merupakan musim perdana Jude Bellingham membela Real Madrid di La Liga Spanyol. Patut dinantikan sampai sejauh mana torehan gol Jude Bellingham pada akhir musim nanti.

Video Populer

Foto Populer