Sukses


Legendaris! Timnas Argentina Bakal Pensiunkan Nomor 10 Milik Lionel Messi

Bola.com, Buenos Aires - Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) ingin memberikan keistimewaan untuk Lionel Messi saat gantung sepatu dari Timnas Argentina. Presiden AFA, Claudio Tapia, menyebut akan mempensiunkan nomor punggung 10 yang selama ini digunakan Lionel Messi.

Keputusan untuk mempensiunkan nomor punggung 10 diambil untuk menghormati jasa-jasa dari Lionel Messi terhadap Timnas Argentina. Sesuatu yang wajar mengingat Lionel Messi memberikan banyak prestasi untuk skuad berjulukan La Albiceleste.

"Ketika Messi pensiun dari tim nasional, kami tidak akan mengizinkan siapa pun untuk mengenakan nomor 10 setelahnya. Nomor 10 ini akan dipensiunkan seumur hidup untuk menghormatinya. Hanya itu yang bisa kami lakukan untuknya," kata Claudio Tapia seperti dikutip Daily Mail.

Lionel Messi dianggap layak jadi legenda Timnas Argentina setelah mempersembahkan gelar juara Piala Dunia 2022.

Gelar itu melengkapi pencapaian lain dari Messi sebelumnya di Argentina semisal gelar juara Piala Dunia U-20 2005, medali emas Olimpiade 2008, hingga Copa America 2021.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Masih Misteri

Pada Juni 2024, Lionel Messi akan memasuki usia 37 tahun. Namun, sampai saat ini belum diketahui kapan pemain yang akrab disapa La Pulga itu memutuskan pensiun dari Timnas Argentina.

Lionel Messi disinyalir ingin memberikan gelar-gelar lain untuk Argentina. Messi sejauh ini sudah membukukan 180 penampilan untuk Argentina sejak debut pada 2005.

Messi juga telah mencetak 106 gol untuk negaranya. Kedua pencapaian itu membuat Messi menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dan gol terbanyak di Timnas Argentina sepanjang sejarah.

3 dari 3 halaman

Edisi Kedua

AFA sebelumnya pernah mempensiunkan nomor punggung 10 untuk menghormati Diego Maradona pada 2001. Namun, ketika Piala Dunia 2002 FIFA menolak usulan Argentina untuk penggunaan nomor 1-24 agar nomor 10 tak dipakai.

Presiden FIFA saat itu Sepp Blatter, menyarankan agar nomor punggung 10 diberikan kepada kiper pilihan ketiga Timnas Argentina, Roberto Bonano.

AFA akhirnya mengajukan daftar yang telah direvisi dengan Ariel Ortega, yang awalnya terdaftar sebagai nomor 23, sebagai nomor 10.

Namun, nomor punggung 10 akhirnya digunakan kembali oleh Lionel Messi. Sang pemain telah mendapatkan izin karena dianggap sebagai sosok yang paling dekat 'penerus' Maradona di Timnas Argentina.

Video Populer

Foto Populer