Sukses


Legenda Sepak Bola Brasil, Mario Zagallo Tutup Usia

Bola.com, Jakarta Legenda sepak bola Brasil, Mario Zagallo, meninggal dunia pada usia 92 tahun, Sabtu (6/1/2024).

“Dengan kesedihan yang luar biasa, kami memberi tahu Anda tentang meninggalnya juara dunia empat kali abadi kami Mario Jorge Lobo Zagallo,” demikian pernyataan di akun Instagram resminya.

"Ayah yang berbakti, kakek yang penyayang, ayah mertua yang penuh perhatian, teman yang setia, profesional yang penuh kemenangan, dan manusia yang hebat. Idola raksasa. Seorang patriot yang meninggalkan warisan pencapaian besar bagi kita."

Zagallo memenangkan empat Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Zagallo adalah pemain sayap di tim Brasil yang memenangkan Piala Dunia berturut-turut pada tahun 1958 dan 1962, menjadi starter di kedua final.

Dia berhasil membawa tim yang dianggap sebagai tim internasional terhebat sepanjang masa, termasuk Pele, Jairzinho dan Carlos Alberto, meraih kejayaan pada tahun 1970.

2 dari 2 halaman

CBF Berduka

Kemenangan terakhir Zagallo di Piala Dunia terjadi sebagai asisten pelatih Carlos Alberto Parreira pada tahun 1994.

Dia kembali sebagai manajer Brasil setelah turnamen itu dan memimpin mereka ke final pada tahun 1998, di mana mereka dikalahkan oleh tuan rumah Prancis.

Zagallo adalah orang pertama yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan manajer, suatu prestasi yang kemudian disamai oleh Franz Beckenbauer dari Jerman dan Didier Deschamps dari Prancis.

“CBF dan sepak bola Brasil berduka atas meninggalnya salah satu legendanya. CBF menawarkan solidaritas kepada keluarga dan penggemarnya di saat kesedihan atas kepergian idola sepak bola kami ini."

 

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer