Sukses


5 Wonderkid yang Sangat Dinanti Aksinya di Piala Asia 2023: Ada Eks Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala Asia 2023 tinggal hitungan hari. Turnamen bergengsi di Asia itu berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Piala Asia 2023 diikuti 24 tim yang dibagi dalam enam grup. Juara dan runner-up grup akan lolos otomatis ke babak 16 besar. Sedangkan tim peringkat ketiga dari keenam grup bakal berebut empat slot tersisa untuk lolos ke fase 16 besar.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Tim berjulukan Garuda itu bakal bertarung melawan Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Jepang di babak penyisihan grup.

Bagi Indonesia, ini merupakan partisipasi pertama di Piala Asia dalam 16 tahun terakhir. Sebelumnya, Garuda berkiprah pada edisi 2007 dengan status tuan rumah.

Publik Tanah Air tentu tak sabar untuk menyaksikan aksi penggawa Timnas Indonesia pada ajang ini. Piala Asia 2023 juga menarik dinanti karena tidak sedikit dari negara peserta diperkuat wonderkid yang siap mencuri perhatian.

Siapa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Pertama ada Marselino Ferdinan. Gelandang Timnas Indonesia kelahiran Jakarta itu jadi salah satu pemain yang layak dinantikan aksinya pada Piala Asia 2023.

Pemain yang kini memperkuat klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, itu merupakan sosok gelandang serang kreatif. Dia dikenal memiliki visi bermain serta teknik mengontrol bola yang ciamik.

Marselino sangat cerdas dalam mengalirkan bola kepada rekan-rekannya di tim. Hal ini didukung kualitas individu yang baik, kecepatan berlari, plus kelincahan dalam menggiring bola.

Ini membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Tim Merah-Putih. Marselino bahkan pernah dinobatkan sebagai wonderkid terbaik dunia versi media Inggris, The Guardian, pada 2021.

Tak hanya di level klub, Marselino juga menunjukkan performa jempolan bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur, mulai dari kelompok usia 16 tahun, U-19, U-23, hingga senior.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu belum lama ini sembuh dari cedera hamstring yang menderanya sejak September 2023. Alhasil, Marselino harus menepi dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kini kondisinya sudah sepenuhnya pulih dan siap membantu Garuda merealisasikan target di Piala Asia 2023.

3 dari 6 halaman

Takefusa Kubo

Berikutnya ada Takefusa Kubo. Gelandang berusia 22 tahun itu merupakan sosok penting di skuad Timnas Jepang. Dia bahkan pernah dijuluki sebagai Messi-nya Samurai Biru, julukan Timnas Jepang.

Mantan pemain Real Madrid itu memiliki kemampuan mengolah bola yang mumpuni. Takefusa Kubo saat ini bermain untuk Real Sociedad di Liga Spanyol. Dia sudah tampil sebanyak 18 kali dan mencetak enam gol plus enam assist buat klubnya.

Pemain kelahiran 4 Juni 2001 itu telah menjadi bagian dari tim inti Jepang sejak debut pada 2019. Di bawah asuhan pelatih Hajime Moriyasu, Takefusa Kubo mencatat 29 pertandingan dengan membukukan tiga gol.

4 dari 6 halaman

Lee Kang-in

 

Lee Kang-in menjadi salah satu pemain yang diboyong pelatih Jurgen Klinsmann pada Piala Asia 2023. Pemain berusia 22 tahun itu bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1 pada musim ini.

Gelandang serang berpostur 173 cm itu sudah bermain sebanyak 10 laga dan mencetak satu gol plus dua assist buat PSG. Sementara bersama Timnas Korea Selatan senior, Kang-in mengepak 18 caps dengan menyumbangkan empat gol.

Pemain kelahiran Incheon, Korea Selatan, itu memang menjadi bagian penting di skuad Taeguk Warriors. Kang-in pernah menyabet beberapa gelar individu.

Salah satunya golden ball alias pemain terbaik di Piala Dunia U-20 2019. Sepanjang turnamen dia tampil begitu memukau.

Saat itu, dia tercatat sebagai pemain termuda Korea Selatan di Piala Dunia U-20 2019. Lee Kang-in yang kala itu berusia 18 tahun turut membantu Taeguk Warriors menjadi runner-up, setelah dikalahkan Ukraina di final dengan skor 1-3.

5 dari 6 halaman

Ali Jasim

Timnas Irak memiliki sosok striker muda potensial pada Piala Asia 2023. Pemain yang dimaksud adalah Ali Jasim.

Penyerang yang pada 20 Januari 2024 genap berusia 20 tahun itu tampil apik di Liga Champions Asia bersama Al-Quwa Al-Jawiya. Ali Jasim mencetak empat gol di lima pertandingan yang dijalani.

Winger berpostur 178 cm itu melakoni debut di Timnas Irak senior pada Oktober 2023. Ali Jasim selalu berlaga sebagai starter dalam lima penampilannya bersama Lions of Mesopotamia, julukan Timnas Irak.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di grup yang sama dengan Irak. Oleh karena itu, armada Shin Tae-yong mesti waspada dengan kemampuan pemain kelahiran Baghdad, Irak itu.

6 dari 6 halaman

Suphanat Mueanta

Jika Timnas Indonesia punya Marselino Ferdinan, Timnas Thailand memiliki pemain yang tak kalah bagusnya. Dia adalah Suphanat Mueanta. Usianya baru 21 tahun.

Suphanat Mueanta yang kini memperkuat Oud-Heverlee Leuven di Liga Belgia itu menjadi pemain paling potensial di negaranya. Pelatih Masatada Ishii diprediksi akan mengandalkan sang pemain pada Piala Asia 2023.

Penyerang berpostur 172 cm itu dikenal memiliki kemampuan kecepatan di atas rata-rata. Adik kandung dari bintang Timnas Thailand, Supachok Sarachat itu bisa jadi senjata mematikan bagi Thailand.

Oleh karena itu, tim peserta di Grup F: Arab Saudi, Kirgistan, dan Oman wajib mewaspadai pemain yang satu ini.

Suphanat Mueanta melakoni debut bersama Timnas Thailand senior pada Juni 2019. Saat itu usianya masih 16 tahun. Kini dia sudah mencatat 14 caps dan mencetak enam gol.

Video Populer

Foto Populer