Sukses


Son Heung-Min, Wataru Endo dan Bintang-Bintang Top Eropa yang Harus Meninggalkan Klubnya untuk Tampil di Piala Asia 2023

Bola.com, Doha - Piala Asia 2023 cukup menarik perhatian. Sejatinya ajang itu digelar pada pertengahan 2023. Musim panas biasanya memang dipilih untuk menggelar turnamen antarnegara. 

Namun, tiba-tiba China mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Saat itu mereka memilih lebih fokus menyelesaikan persoalan COVID-19.

Qatar pun maju sebagai tuan rumah pengganti. Sayangnya, ajang itu harus mundur dan baru bisa dilaksanakan pada Januari 2024.

Hal itu tentu menimbulkan masalah, terutama bagi para klub-klub di Eropa. Sebab, ketika Piala Asia 2023 berlangsung, liga-liga top di Benua Biru tengah memasuki pertengahan musim.

Ada empat bintang terbesar Asia saat ini yang harus meninggalkan klub mereka di Eropa untuk membela negara masing-masing di Piala Asia 2023. Siapa saja mereka?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Son Heung-min

Tak bisa dipungkiri, Son Heung-min adalah bintang paling bersinar dari Asia di musim ini. Pemain asal Korea Selatan itu terus menjadi andalan Tottenham Hotspur.

Bahkan, mulai awal musim 2023/2024, Son menjadi kapten Tottenham Hotspur. Eks pemain Bayer Leverkusen tersebut juga menjadi andalan Spurs dalam mencetak gol.

Namun, Son Heung-min untuk sementara harus meninggalkan London. Eks pemain Bayer Leverkusen itu akan menjadi harapan utama Korea Selatan.

3 dari 5 halaman

Wataru Endo

Pelan tapi pasti, Wataru Endo mulai mendapatkan tempat di lini tengah Liverpool. Pemain berusia 28 tahun itu menjadi gelandang bertahan yang bisa diandalkan.

Namun, Endo untuk sementara harus meninggalkan Liverpool. Sang gelandang akan memimpin skuad Jepang di Piala Asia 2023.

Menariknya, Wataru Endo sangat mungkin berhadapan dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sebab, Jepang ada di grup yang sama dengan Tim Garuda. 

4 dari 5 halaman

Kim Min-jae

Tak banyak bek Korea Selatan yang bisa menembus Eropa. Bahkan bisa bermain di klub-klub besar Benua Biru.

Setelah meraih Scudetto bersama Napoli, Kim Min-jae pindah ke Bayern Munchen pada musim panas 2023. Kim pun langsung menjadi andalan di lini belakang Die Roten.

Kim Min-jae akan menjadi salah satu tumpuan Korea Selatan untuk kembali meraih gelar juara Piala Asia 2023. Sebaliknya, Bayern Munchen tentu kehilangan sosok penting di lini belakang mereka untuk sementara.

5 dari 5 halaman

Sardar Azmoun

Sardar Azmoun adalah ikon terkini sepak bola Iran. Sejak musim panas 2023, Azmoun bermain untuk raksasa Italia, AS Roma.

Meski penampilannya di Italia belum memuaskan, Sardar Azmoun tetap mendapatkan tempat di lini depan Timnas Iran untuk Piala Asia 2023.

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, pun sempat keberatan untuk melepas Sardar Azmoun ke Piala Asia 2023. 

Video Populer

Foto Populer