Sukses


Perolehan Poin Sama, Kenapa Lionel Messi Berhak Raih Trofi Pemain Terbaik FIFA 2023 Bukan Erling Haaland?

Bola.com, Jakarta - Perolehan suara ketat terjadi pada voting Pemain Terbaik FIFA 2023. Lionel Messi dan Erling Haaland sama-sama mengumpulkan 48 poin. Namun, Messi yang berhak atas penghargaan bergengsi tersebut.

Seperti biasa, The Best FIFA Football Awards adalah agenda tahunan resmi FIFA yang ditunggu-tunggu. Ajang ini mirip dengan Ballon d'Or, yaitu penentuan pemain terbaik, tim terbaik, pelatih terbaik, kiper terbaik, dan banyak kategori lainnya di dunia sepak bola dalam rentang satu tahun terakhir.

Selasa (16/1/2024) dini hari WIB, FIFA menyelenggarakan seremoni di Eventim Apollo, London untuk mengumumkan para pemenang. Lionel Messi tidak hadir, tetapi dia diwakili Thierry Henry yang naik ke panggung untuk menerima trofi pemain terbaik edisi kali ini.

Dalam keterangan di laman resmi mereka, FIFA mengungkapkan Lionel Messi terpilih menjadi pemenang meski memiliki poin penilaian akhir sama dengan Haaland, yakni angka 48. Kenapa begitu?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jumlah suara sama, Messi lebih banyak dipilih kapten

Perlu diingat, untuk mendapatkan hasil akhir 48 poin, ada rumus perhitungan yang lebih dahulu dilakukan. Penghargaan FIFA Best ini dipilih langsung oleh perwakilan media, pelatih tim nasional, kapten tim nasional, dan fans dari setiap negara anggota FIFA di seluruh dunia.

Menurut aturan main FIFA, ketika ada dua atau lebih pemain yang mendapatkan jumlah suara sama, selanjutnya akan diperhitungkan jumlah suara yang didapatkan dari kapten tim nasional seluruh dunia.

Nah, meski sama-sama mendapatkan total 48 poin, faktanya Lionel Messi lebih banyak dipilih kapten tim nasional anggota FIFA. Haaland tidak mendapatkan suara sebanyak itu dari kapten.

Suara pilihan dari kapten tim nasional bernilai lima poin. Nah, dari skor bernilai lima poin ini, Lionel Messi mendapat 107 suara, sedangkan Haaland hanya 64 suara.

Intinya, Haaland mendapatkan lebih banyak suara dari pelatih timnas dan media, tetapi Messi mendapatkan lebih banyak suara dari kapten dan fans.

 

3 dari 4 halaman

Kalah di Ballon d'Or 2023

Ini bukan pertama kalinya Messi menyalip Haaland dan meraih trofi individu bergengsi. Beberapa waktu lalu, kasus serupa terjadi di ajang Ballon d'Or 2023.

Fans merasa Haaland layak menang. Dia tampil luar biasa bersama Manchester City, mencetak banyak gol, dan membantu tim meraih trofi Liga Champions. Messi menjalani musim baik, tapi dia sempat lama tidak bermain karena perpindahan ke Liga Amerika Serikat.

Karena itulah penghargaan Ballon d'Or 2023 kemarin menuai kontroversi, sebagian merasa Haaland lebih layak menang daripada Messi. Nah, sekarang kasus serupa terjadi di The Best FIFA Men's Award.

 

4 dari 4 halaman

Catatan Mentereng Lionel Messi

1. Lionel Messi menjadi pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak di dunia (8 trofi).

2. Lionel Messi merupakan pesepak bola dengan koleksi Sepatu Emas Eropa terbanyak (6 trofi).

3. Lionel Messi menyandang status sebagai pemain yang paling sering masuk daftar pemain terbaik FIFA versi FIFPRO (17 kali).

4. Saat ini, Lionel Messi telah mengumpulkan tiga trofi Pemain Terbaik FIFA, dan itu adalah yang terbanyak di dunia.

5. Lionel Messi berhasil dua kali merengkuh trofi Bola Emas Piala Dunia. Sejauh ini, belum ada yang bisa menyamai pencapaian Messi.

Sumber: FIFA

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas/Published: 16/1/2024)

Video Populer

Foto Populer