Sukses


Termasuk Neymar, Ini 4 Pesepak Bola Bintang yang Masa Depannya Terombang-Ambing di Arab Saudi

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pesepak bola bintang berbondong-bondong menerima tawaran menggiurkan dari klub-klub Arab Saudi. Satu di antara pemain tenar yang hengkang ke Liga Arab Saudi adalah Neymar.

Pemain Timnas Brasil tersebut secara mengejutkan hengkang ke Al Hilal pada 15 Agustus 2023. Neymar ditebus Al Hilal dari Paris Saint-Germain dengan nilai transfer yang mencapai 90 juta euro.

Angka tersebut membuat eks pemain Barcelona itu berstatus sebagai pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Arab Saudi. Selain itu, Neymar mendapatkan bayaran 150 juta euro per tahun di Al Hilal.

Namun, perjalanan karier sang pemain di Al Hilal tak berjalan mulus. Setelah tampil dalam lima pertandingan, Neymar dibekap cedera ACL dan membuatnya harus absen selama sembilan bulan.

Pemain berusia 31 tahun tersebut juga dikabarkan terlibat perselisihan dengan pelatih Al Hilal, Jorge Jesus. Cedera parah dan tak akur dengan sang pelatih membuat masa depan Neymar terombang-ambing.

Menurut laporan jurnalis Brasil, Ademir Quintino, Neymar bakal kembali ke Santos pada 2025. Santos membutuhkan tambahan tenaga untuk kembali promosi ke kasta teratas Liga Brasil.

Selain Neymar, sejumlah pesepak bola top lainnya juga memiliki masa depan yang tak jelas di Liga Arab Saudi. Siapa saja mereka? Berikut ini tiga nama lainnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jordan Henderson

Gelandang asal Inggris tersebut angkat kaki dari Liverpool dan hengkang ke Al Ettifaq pada musim panas tahun lalu. Dia menandatangani kontrak berdurasi tiga musim dengan bayaran 660 ribu poundsterling per pekan.

Diharapkan mampu mendongkrak performa Al Ettifaq, Jordan Henderson justru kesulitan beradaptasi. Dari 19 pertandingan yang dijalani, Henderson hanya mampu membawa timnya meraih tujuh kemenangan.

Tak hanya di lapangan, Jordan Henderson dan keluarganya juga tidak sesuai dengan kehidupan di Arab Saudi. Situasi tersebut membuat pemain berusia 33 tahun itu ingin angkat kaki dari Al Ettifaq.

Ajax Amsterdam dan Juventus dikabarkan tertarik menampung Jordan Henderson. Namun, Al Ettifaq enggal melepaskan sang pemain ke klub lain.

 

3 dari 4 halaman

Karim Benzema

Nama tenar lainnya yang melanjutkan karier ke Arab Saudi adalah Karim Benzema. Striker berusia 36 tahun tersebut bergabung ke Al Ittihad, setelah kontraknya bersama Real Madrid berakhir pada 30 Juni 2023.

Menandatangani kontrak hingga musim panas 2026, Benzema mendapatkan gaji hingga 200 juta euro per tahun. Mendapatkan gaji selangit, striker asal Prancis itu tampil cukup oke dengan mencetak 12 gol plus lima assist dari 20 pertandingan.

Meski mendapatkan bayaran tinggi, Karim Benzema disebut tak betah di Arab Saudi. Dia disebut ingin kembali ke Eropa, dan Manchester United dikabarkan tertarik memakai jasanya.

 

4 dari 4 halaman

Roberto Firmino

Setelah kontraknya di Liverpool rampung pada musim panas tahun lalu, pemain berusia 32 tahun tersebut melanjutkan kariernya bersama klub promosi Liga Arab Saudi, Al Ahli. Roberto Firmino menandatangani kontrak di Al Ahli sampai 30 Juni 2026.

Awal karier Firmino di Arab Saudi cukup impresif. Dia berhasil menorehkan hattrick pada laga perdananya bersama Al Ahli di Liga Arab Saudi musim lalu.

Namun selepas itu, Roberto Firmino gagal mencetak satu pun gol dalam 16 laga berikutnya di liga. Situasi tersebut membuat Firmino disebut-sebut bakal dilepas Al Ahli pada Januari 2024.

Menurut laporan talkSPORT, klub-klub asal Inggris, Turki, dan sesama klub Saudi tertarik memakai jasa sang striker.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer