Sukses


Liga Italia: Suporter Udinese Divonis Seumur Hidup Setelah Bertindak Rasialisme kepada Mike Maignan

Bola.com, Jakarta - Klub Serie A, Udinese, telah mengidentifikasi suporter yang melakukan pelecehan rasial terhadap kiper AC Milan, Mike Maignan. Suporter tersebut dilarang seumur hidup.

Langkah tersebut dilakukan karena Udinese bersumpah untuk melakukan hal yang sama terhadap 'orang jahat' lainnya di tengah seruan untuk sanksi yang lebih keras.

Maignan keluar lapangan pada pertandingan Serie A akhir pekan lalu di markas Udinese setelah menjadi sasaran yang kemudian disebutnya sebagai suara monyet. Penjaga gawang berusia 28 tahun itu bergabung dengan rekan satu timnya dan pertandingan dihentikan sekitar lima menit sebelum mereka kembali, dan AC Milan kemudian menang 3-2.

''Dalam upaya bersama dengan otoritas kepolisian setempat dan memanfaatkan kamera keamanan Stadion Bluenergy, Udinese Calcio telah mengidentifikasi individu pertama yang bertanggung jawab atas perilaku diskriminatif terhadap pemain AC Milan Mike Maignan,'' kata Udinese dalam pernyataannya.

''Orang ini akan menghadapi larangan seumur hidup untuk menghadiri pertandingan Udinese Calcio. Larangan ini berlaku segera. Kami percaya bahwa tindakan tegas seperti ini diperlukan untuk menyampaikan pesan yang jelas bahwa rasisme tidak memiliki tempat dalam sepak bola atau masyarakat.”

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Mencari Pelaku Lain

Keputusan dari pengadilan olahraga Italia mengenai hukuman Udinese diharapkan keluar pada hari Selasa. Awal bulan ini, Lazio dijatuhi sanksi penutupan sebagian stadion selama satu pertandingan karena nyanyian rasis yang ditujukan kepada Romelu Lukaku.

Pihak berwenang juga dapat mengeluarkan perintah, yang dikenal sebagai Daspo, yang melarang individu memasuki stadion selama maksimal lima tahun.

''Kami sedang berupaya mencari mereka yang bertanggung jawab, hanya ada dua atau tiga orang. Tidak ada nyanyian, karena tidak dirasakan oleh wasit atau kantor kejaksaan. Ada satu, dua, tiga orang jahat, dan ini cukup untuk menjadi masalah yang sangat serius,'' kata General Manager Udinese Franco Collavino pada Senin pagi, sebelum suporter pertama teridentifikasi.

''Kami sudah mulai melihat gambar dari kamera stadion, kami juga harus mendengarkan audionya. Daspo memiliki durasi terbatas, tetapi klub dapat memutuskan untuk melarang penggemar memasuki stadion untuk jangka waktu yang lebih lama. Kami akan berupaya untuk melarang mereka memasuki stadion selamanya, seumur hidup.”

 

3 dari 4 halaman

Menerima Dukungan

Maignan menerima dukungan luas dari dunia sepak bola menyusul pelecehan tersebut dan mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu yang menyerukan pihak berwenang untuk mengambil tindakan lebih tegas.

Pendiriannya didukung oleh Umberto Calcagno, ketua asosiasi pemain di Italia.

"Memerangi bentuk ketidaktahuan ini sangat sulit tetapi saat ini hal itu bisa dilakukan berkat peraturan federasi, seperti yang terjadi pada hari Sabtu,'' kata Calcagno. ''Ada kolaborasi hebat antara Mike Maignan, wasit dan para pemain."

"Tetapi peraturan tersebut juga memungkinkan otoritas publik untuk memutuskan untuk menunda pertandingan secara definitif. Saat ini penting untuk menghukum hal-hal seperti itu dengan cara yang lebih berat."

 

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Italia 2023/2024

Video Populer

Foto Populer