Sukses


Kartu Biru Tuai Perdebatan, Ada Pula Kartu Putih dalam Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Kartu kuning dan merah telah menjadi bagian penting dalam sepak bola sejak Piala Dunia 1970, namun kartu putih digunakan untuk pertama kalinya pada tahun lalu.

Lebih dari setahun yang lalu, sejarah sepak bola dibuat oleh wasit Catarina Campos dalam pertandingan putri antara Benfica dan Sporting CP.

Dua klub rival itu bertemu di perempat final Piala wanita Portugal, dengan Benfica meraih kemenangan telak 5-0.

Namun pertandingan menjadi viral setelah apa yang terjadi pada menit ke-44, saat Benfica unggul 3-0.

Seorang wanita di antara penonton mengeluh merasa tidak enak badan di tribune penonton sehingga staf medis dari kedua tim segera membantunya.

Campos mulai merogoh saku atasnya dan mengacungkan kartu putih, menandakan bahwa aksi heroik yang mereka lakukan layak diapresiasi.

Aksi tersebut mendapat sorak-sorai dan tepuk tangan dari rekor 15.000 penggemar yang hadir di Estadio da Luz Benfica.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Belum Disepakati, Malah Muncul Wacana Kartu Biru

Kartu putih muncul menyusul inisiatif Dewan Etika Olahraga Nasional Portugal (PNED) untuk mencoba dan terus berlatih olahraga dengan fair play.

Hal ini didorong oleh Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) di turnamen tetapi IFAB (Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional belum menyetujui penggunaannya.

Namun, anggota parlemen sepak bola telah menandatangani pengenalan kartu biru baru yang merupakan perubahan wasit terbesar selama beberapa dekade.

The Telegraph mengatakan bahwa kartu biru terkait dengan sin bins dan akan diuji coba – meskipun presiden UEFA Aleksander Ceferin tidak mendukungnya.

Kartu biru akan dikeluarkan jika pemain terlibat perselisihan dengan pemain lainnya atau menunjukkan perbedaan pendapat terhadap wasit.

Kompetisi papan atas diperkirakan akan dikecualikan dari uji coba ini, meskipun Piala FA dan Piala FA Wanita dapat ikut serta dalam uji coba musim depan.

3 dari 3 halaman

Detik-Detik Kartu Putih Diberikan Wasit

Video Populer

Foto Populer