Sukses


Slepetan untuk Bukayo Saka Usai Arsenal Kalah Dramatis di Markas FC Porto

Bola.com, Jakarta - Bukayo Saka menjadi satu di antara pemain yang menjadi atensi publik setelah Arsenal pulang dari markas FC Porto dengan kekalahan. Eks bek Arsenal, Martin Keown mengirim 'slepetan' kepada Saka, terutama agar sang pemain bisa lebih konsisten tajam.

Arsenal gagal mendapatkan hasil memuaskan setelah takluk 0-1 di kandang FC Porto, pada leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions 2023/2024. Gol FC Porto lahir pada empat menit injury time babak kedua via aksi Wenderson Galeno.

Kekalahan atas wakil Portugal tersebut membuat Arsenal wajib bekerja keras. Maklum, selain leg 2 nanti, Meriam London juga masih berjibaku dengan jadwal padat Liga Inggris.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 5 halaman

Kans Juara

Apalagi, Arsenal memiliki kesempatan besar menjadi jawara Liga Inggris musim ini. The Gunners hanya tertinggal lima poin dari pemimpin klasemen sementara, Liverpool, dengan satu laga masih di tangan.

Pada laga tadi malam, Arsenal menguasai pertandingan di Estadio do Dragao. Sayang, mereka gagal memaksimalkan kondisi itu, sehingga tak sanggup menembus pertahanan tuan rumah.

"Sepertinya mereka tidak percaya diri di awal laga, dan itu berpengaruh ketika masuk babak kedua," sebut Keown. Secara khusus, ia menyoroti Saka yang tak bermain seperti biasanya. "Saka tidak benar-benar menjadi dirinya sendiri," imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Sulit Berkembang

Secara taktik, sistem pertahanan kompak Porto sukses membatasi pergerakan para pemain Arsenal, yang berimbas minimnya peluang. Armada Mikel Arteta memaksakan diri menggunakan umpan silang.

Keown mengungkapkan, pola permainan seperti itulah yang membuat Saka tak berdaya alias gagal mengembangkan permainan. "Saka tak biasa mengumpan ke sisi dalam, seharusnya lebih ke 'cut back' atau penetrasi. Jadi, Saka terlihat bingung, dan berakibat lini serang Arsenal tak maksimal," katanya.

 

4 dari 5 halaman

Bukan Asli

Permainan yang tak berkembang tersebut menggambarkan bukan sifat Arsenal. Padahal, armada London datang dengan performa statistik bagus, seperti mencetak 21 gol dalam lima kemenangan beruntun.

Kegagalan di markas FC Porto mengirim sinyal bahaya bagi ambisi Arsenal untuk menjadi jawara Liga Champions musim ini. "Pelajaran teramat keras dari kandang Porto. Mereka harus merapikan sistem menyerang, termasuk serangan balik," tutur Keown.

 

5 dari 5 halaman

Butuh Dukungan

Gelandang Arsenal, Declan Rice sepakat dengan Keown. Pada leg 2 nanti, Rice menyebut pasukannya butuh semua orang untuk bekerja sama, mulai dari pemain sampai suporter.

"Kami frustrasi di Porto, tapi itu tak akan ada di Emirates. Kami akan bekerja sangat keras dan menyiapkan semuanya lebih baik lagi. Saya yakin kami akan bereaksi positif," sebut Rice. (Arraafi Adna Yudistira)

Sumber : Arsenal.com, Eurosport

Video Populer

Foto Populer