Sukses


5 Pelatih Calon Pengganti Thomas Tuchel di Bayern Munchen: Xabi Alonso Terdepan

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen dan Thomas Tuchel akhirnya sepakat untuk berpisah pada akhir musim ini. Keputusan itu pun diumumkan Die Bayern di situs resmi klub pada Rabu (21/2/2024) sore WIB.

"Bayern Munchen dan pelatih kepala Thomas Tuchel bersama-sama memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja yang semula berjalan hingga 30 Juni 2025, menjadi pada 30 Juni 2024," bunyi pernyataan resmi The Bavarians.

Pelatih berusia 50 tahun tersebut dipercaya duduk di kursi pelatih Bayern Munchen pada 24 Maret 2023. Dia menggantikan peran Julian Nagelsmann yang juga ditalak cerai oleh Bayern Munchen.

Kinerja Thomas Tuchel pada musim perdana sebagai pelatih Bayern Munchen cukup oke. Dia berhasil membawa Die Roten mengamankan trofi juara Bundesliga musim lalu.

Berikut ini lima calon pelatih yang berpotensi menggantikan Thomas Tuchel di Bayern Munchen.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Xabi Alonso

Mantan legenda Liverpool itu akan menjadi salah satu manajer yang paling dicari di musim panas. Liverpool memasukkan Alonso dalam daftar mereka, Bayern Munchen kini bisa berusaha untuk membawanya ke Allianz Arena.

Dalam musim yang buruk bagi Munchen, mereka saat ini tertinggal delapan poin dari Leverkusen asuhan Alonso di Bundesliga. Baik Liverpool dan Bayern masing-masing akan bekerja di belakang layar untuk mencari pengganti Klopp dan Tuchel, dan mereka sekarang bisa saling berhadapan untuk Alonso.

Tidak mengherankan mengapa Bayern mengincar Alonso dan mengapa dia menjadi favorit Sky Bet untuk menggantikan Tuchel, mengingat betapa suksesnya dia untuk Leverkusen musim ini. 

3 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho dilaporkan tak kalah ngebet bisa melatih Bayern Munchen. Mou memang sedang menganggur setelah didepak AS Roma beberapa pekan lalu.

Jose Mourinho memang sudah merasakan sukses di tiga liga besar yakni, Premier League, La Liga, dan Serie A. Namun, ia belum pernah menukangi tim Bundesliga.

Bild juga melaporkan, Jose Mourinho sudah mempelajari Bahasa Jerman. Hal itu disebut sebagai proses awal Mourinho untuk melatih di sana.

4 dari 6 halaman

Jurgen Klopp

Mantan bek Liverpool, Stephane Henchoz menilai Jurgen Klopp bisa mengambil alih posisi pelatih kepala Bayern Munchen.

Klopp akan meninggalkan Anfield pada akhir musim.

"Petualangannya di Inggris telah berakhir, dia tidak bisa lagi melatih tim lain di sana. Dan juga terasa aneh bagi saya bahwa dia akan pindah ke Spanyol atau Italia," kata Henchoz kepada Blick.

"Saya melihatnya di Bayern," katanya.

Liverpool bakal merindukan tangan dinginnya. Ia memang bergelimang gelar selama memperkuat The Reds. Bukan cuma gelar, Jurgen Klopp turut dikenal sebagai pelatih yang pintar dalam perekrutan pemain.

5 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer secara permanen mengukir namanya dalam sejarah Manchester United, ketika mencetak gol kemenangan epik pada menit ke-93 di final Liga Champions melawan Bayern.

Pria berusia 50 tahun itu pensiun sebagai pemain pada 2007 dan meneruskan karier sebagai pelatih. Awalnya di akademi Tim Setan Merah sebelum dua masa sukses di mantan klubnya Molde di samping masa suram bersama Cardiff.

Pelatih asal Norwegia itu diberi kesempatan menukangi Manchester United pada 2018, awalnya sebagai bos sementara untuk menggantikan Jose Mourinho.

Setelah awal yang baik, Solskjaer mendapatkan pekerjaan itu secara permanen dan membuktikan kehadirannya yang pemersatu di Old Trafford, membawa MU ke posisi kedua di Premier League pada musim 2021/2022.

Keadaan segera berubah menjadi buruk dan dia dipecat pada November 2022 menyusul kekalahan 1-4 dari Watford. Sebelumnya mereka kalah lima kali dari 12 pertandingan pembukaan liga.

 

6 dari 6 halaman

Antonio Conte

Bild menyebut Antonio Conte berpotensi menggantikan Tuchel.

Bahkan, Antonio Conte disebut sangat siap menerima tawaran kontrak dari Bayern Munchen. Namun, Conte enggan masuk di pertengahan musim.

Eks pelatih Timnas Italia itu hanya ingin masuk pada musim panas 2024, atau jelang bergulirnya musim 2024/2025.

 

Sumber: GMS

Video Populer

Foto Populer