Sukses


Dipastikan Meninggalkan Bayern Munchen Akhir Musim, Thomas Tuchel: Bukan Hanya Saya yang Bermasalah

Bola.com, Jakarta - Thomas Tuchel sudah dipastikan bakal didepak Bayern Munchen pada akhir musim 2023/2024. Namun, pelatih asal Jerman yang pernah menangani Chelsea itu pun menegaskan bahwa dirinya bukanlah satu-satunya masalah yang ada di Bayern Munchen.

Thomas Tuchel akan meninggalkan Bayern Munchen satu tahun lebih cepat dari rencana awal sebagai bagian dari perombakan keolahragaan di klub Bavaria itu.

Namun, kepastian tidak lagi menangani Bayern Munchen pada musim depan diakui Tuchel sebagai sebuah kejelasan yang memang perlu diambil.

"Satu yang penting sekarang adalah sudah ada kejelasan. Kejelasan memberikan kebebasan dan itu hal yang bagus untuk pertandingan dan latihan," ujar Thomas Tuchel seperti dilansir dari BBC Sports.

"Kebebasan untuk pelatih mengenai bagaimana Anda harus bersikap. Anda tak harus berpikir mengenai konsekuensi jangka panjang dari sesuatu yang Anda pilih. Anda bisa sedikit lebih nekat," lanjut pelatih Bayern Munchen itu.

2 dari 4 halaman

Juara Musim Lalu, Kesulitan Musim Ini

Thomas Tuchel, yang tercatat pernah mengangkat trofi juara Liga Champions bersama Chelsea pada 2021, juga berhasil mengantarkan Bayern Munchen untuk meraih gelar juara Bundesliga musim lalu.

Namun, dalam upaya untuk meraih gelar juara Liga Jerman untuk ke-12 kali secara beruntun, Bayern Munchen harus mengejar Bayer Leverkusen yang kini sudah unggul 11 poin dengan 12 laga tersisa.

Hal tersebut membuat Thomas Tuchel tak lagi dipertimbangkan oleh pihak klub untuk menangani Bayern Munchen pada musim depan, di mana pengumuman tentang hal itu diungkapkan setelah kekalahan 2-3 dari Bochum.

3 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya Masalah

Mengenai keputusan Bayern Munchen terhadap masa depannya, Thomas Tuchel tak memberikan respons pasti mengenai apa yang saat ini dirasakannya.

Namun, pelatih asal Jerman itu menegaskan bahwa dirinya bukan satu-satunya masalah di Bayern Munchen saat ini.

"Tidak penting apakah saya mengerti keputusan klub atau apakah saya gembira dengan hal itu. Saya tidak berpikir bahwa saya satu-satunya masalah, tetapi saya menerima tanggung jawab yang saya miliki," ujar Tuchel.

"Saya tidak puas dengan cara kami bermain dan sudah tidak senang cukup lama. Kini kami memiliki situasi baru. Situasinya sudah menemukan solusi dan dikomunikasikan, tetapi saya tidak berpikir saya satu-satunya masalah di sini," lanjutnya.

Sumber: BBC Sports

4 dari 4 halaman

Persaingan di Bundesliga

 

FcTables.com

Video Populer

Foto Populer