Sukses


8 Pertandingan Fase Gugur Liga Champions Paling Sensasional: Mengenang Era Keemasan Super Depor (Bagian 2)

Bola.com, Jakarta - Setelah serangkaian duel di babak 16 besar tuntas dimainkan, kini Liga Champions 2023/2024 memasuki fase selanjutnya yakni babak delapan besar.

Delapan tim yang akan saling tikam pada perempat final Liga Champions adalah Paris Saint-Germain (PSG), Bayern Munchen, Manchester City, Real Madrid, Arsenal, Barcelona, Atletico Madrid, dan Borussia Dortmund.

Seperti di 16 besar, babak delapan besar juga dimainkan dalam dua laga yaitu kandang dan tandang.

Siapa yang akan lolos ke fase selanjutnya masih susah ditebak. Soalnya, semua tim sama-sama punya kans.

Yang pasti, masing-masing tim tentunya bakal memasimalkan laga kandang karena kalau sampai kalah maka peluang untuk melangkah ke tahap berikutnya dipastikan sulit.

Namiun, terkadang, di pentas seketat Liga Champions sederet drama kerap terjadi. Termasuk dalam partai tandang.

Fakta membuktikan, dalam beberapa musim sebelumnya, tak sedikit tim-tim unggulan justru tersingkir lantaran aturan gol tandang.

Tak percaya, berikut lima di antaranya yang pernah bikin heboh, seperti dilansir Planetfootball:

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Deportivo La Coruna 5-4 AC Milan (2004)

Di era sebelum perlawanan leg kedua yang tak terpikirkan menjadi hal biasa, Super Depor adalah pembawa standar – melawan salah satu tim terbaik dalam sejarah Piala Eropa.

Pada periode 2003 hingga 2007, AC Milan asuhan Carlo Ancelotti mencapai tiga dari lima final, menang dua kali dan kalah satu kali setelah Liverpool menghasilkan comeback tiga gol yang tak terlupakan.

Mungkin pasukan Merah asuhan Rafael Benitez mendapat inspirasi dari Depor, yang menghasilkan kemenangan menakjubkan 4-0 atas Rossoneri di Riazor pada perempat final musim sebelumnya.

Sundulan tajam Walter Pandiani untuk membuka skor pada leg pertama di San Siro, sebelum Milan bangkit kembali dengan empat gol dalam delapan menit untuk mengakhiri pertandingan, memberi Depor sedikit harapan untuk kembali pulang.

Gol tandang berarti mereka hanya membutuhkan tiga gol di Riazor, namun mereka menambahkan gol keempat sebagai tambahan, sementara Milan tetap bersaing sepanjang pertandingan – sebuah gol di Galicia akan membuat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu, yang membuatnya semakin menegangkan hingga peluit akhir berbunyi.

 

3 dari 6 halaman

Roma 4-4 Barcelona (2018)

Apa pun yang terjadi, Barcelona hanya hidup demi drama, bukan?

Gol Roma – yang tampaknya merupakan hiburan – dalam kekalahan 4-1 di Camp Nou terbukti menentukan kemenangan 3-0 mereka di Stadio Olimpico.

Hal ini juga menghasilkan salah satu komentar terhebat sepanjang masa, milik Peter Drury, untuk gol ketiga mereka malam itu: “Roma telah bangkit dari kehancuran mereka! Manolas, Dewa Yunani di Roma!"

 

4 dari 6 halaman

Man City 4-4 Tottenham (2019)

Setelah Spurs tampil rajin dalam bertahan untuk mengalahkan City 1-0 di kandang sendiri pada leg pertama perempat final Liga Champions pada tahun 2019, semua perasaan menjadi hilang dalam 21 menit pembukaan yang gila-gilaan di Etihad, di mana Son Heung-min mencetak dua gol cepat tetapi City mencetak tiga gol untuk mengubah agregat menjadi 3-3.

Keadaan permainan seperti itu membuat pasukan Guardiola mempunyai tugas yang jelas: menang dengan selisih dua gol pada malam itu atau tersingkir dari kompetisi.

Gol Sergio Aguero di babak kedua dibatalkan oleh Fernando Llorente, sementara Raheem Sterling dan 55.000 penonton mengira dia melakukannya di masa tambahan waktu, namun terjadi drama besar pertama di era VAR, dan dianulir karena offside. dalam penumpukan.

Spurs sudah menghabiskan banyak drama di masa tambahan waktu musim itu, bukan? Mungkin tidak.

 

5 dari 6 halaman

Ajax 3-3 Tottenham (2019)

6 dari 6 halaman

Juventus 4-4 Porto (2021)

Dengan Pepe mengingat kembali tahun-tahun untuk menjaga rekan setim lamanya di Portugal dan Real Madrid, Cristiano Ronaldo, relatif tenang, Porto menghasilkan performa luar biasa untuk mengalahkan Juventus 2-1 di kandang pada leg pertama pertandingan babak 16 besar mereka pada tahun 2021.

Hal serupa terjadi pada leg kedua, di mana pengulangan skor selama 90 menit di Turin membuat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Porto tampak kendur karena harus bertahan dengan 10 pemain selama hampir satu jam, ketika Sergio Oliveira melepaskan tendangan bebas pada menit ke-115 yang membuat Cristiano Ronaldo dkk. terbungkam seribu bahasa.

Adrien Rabiot membalas beberapa menit kemudian untuk memastikan akhir yang menegangkan, namun gol tandang kedua terbukti cukup bagi Porto.

Klasik terakhir di era gol tandang.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer