Sukses


4 Pemain U-21 yang Menyengat Musim Ini: Siap-siap Jadi Rebutan

Bola.com, Jakarta - Pekan depan, jika tak aral melintang, sejumlah negara Eropa akan kembali melakoni laga persahabatan.

Spanyol misalnya, La Furia Roja bakal bentrok kontra Brasil pada Rabu (27/3/2024). Selain Spanyol, Inggris juga akan menjamu Belgia pada hari yang sama.

Duel-duel ini layak dinanti, karena sejumlah pemain muda kemungkinan akan mendapat kesempatan unjuk gigi.

Di skuad Spanyol, duo wonderkid kepunyaan Barcelona, Lamine Yamal (16) dan Pau Cubarsí (17) disebut-sebut berpotensi melakoni debutnya bareng timnas. Keduanya memang layak dipanggil karena menyuguhkan peningkatan performa yang signifikan dalam beberapa laga bareng Blaugrana.

Di kubu Brasil ada pemain muda Real Madrid, Endrick (17) serta dua pilar Girona yakni Sávio (19) dan Yan Couto (21). Raksasa Eropa lainnya yang juga dihuni senjata muda mematikan adalah Jerman. Di sana ada Florian Wirtz (20, Bayer Leverkusen) dan Jamal Musala (21, Bayern Munchen).

Inggris sudah lebih dulu memesona jagat sepak bola via Jude Bellingham. Gelandang petarung kepunyaan Real Madrid yang masih berusia 20 tahun tersebut sudah mengantongi 25 caps bareng Tiga Singa.

Pun begitu dengan Prancis, salah satu talenta berbakat mereka, Warren Zaïre-Emery (18, Paris Saint-Germain), sukses mencolong perhatian kala memperkuat Les Bleus pada November 2023 berkat torehan sebiji gol.

Dunia, khususnya Eropa, tak pernah kehabisan stok pemain muda berbakat. Setelah era Wayne Rooney, Anthony Martial, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe berlalu, Benua Biru tak pernah sepi dari para wonderkid.

Jika Rooney dkk. mampu eksis hingga di usia senja? Bagaimana dengan pemain-pemain muda ini? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Yang jelas, untuk menjawab pertanyaan tadi, ESPN mencoba menjawabnya dengan statistik lanjutan, xG dan xPVA.

Perlu diketahui lagi xG, atau gol yang diharapkan, berasal dari model StatsPerform tentang seberapa besar kemungkinan upaya tembakan masuk ke gawang.

Kemungkinan penaltinya sekitar 79%, jadi nilainya 0,79 xG sementara gol jarak jauh dengan setengah pertahanan di depan Anda lebih seperti 1%, atau 0,01.

Ukuran lainnya, xPVA, belum tersebar luas. Berdasarkan lagi pada model StatsPerform, model ini melihat nilai tambah yang diharapkan untuk penguasaan bola tertentu melalui tindakan pemain apa pun, seperti operan, 1v1, dll.

Apa yang bisa xG+xPVA ceritakan kepada kita tentang pemain berusia 21 tahun ke bawah?

Berikut empat dari delapan pemain U-21 terbaik berdasarkan kriteria di atas. 

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Gelandang Tengah: Fermin Lopez, Barcelona (5,7)

Perlu diperhatikan betapa mengesankann produktivitas Fermin Lopez. Gabungan xG+xPVA Pedri musim ini adalah 4,8 dalam 1.099 menit liga. Lopez melampaui itu hanya dalam 874 menit.

Itu berasal dari kemampuannya muncul di kotak penalti pada saat yang tepat. Dia mencetak tiga gol dari tembakan senilai 4,4 xG, level yang akan mengesankan bagi seorang penyerang, apalagi bagi gelandang.

Tapi dia juga tak henti-hentinya menekan. Lopez menerima apa yang diberikan kepadanya dengan cara yang sangat khas Barcelona.

Ketika bisa memenangi  take-on, dia mencobanya. Ketika bisa melepaskan tembakan tepat sasaran, dia mengambilnya.

Lopez belum menjadi pemain yang lengkap. Ia belum bermain 90 menit penuh di La Liga sepanjang musim. Ia hanya tampil sebagai starter dalam tujuh dari 22 penampilannya di liga. 

Namun dengan absennya Pedri, Gavi, dan bintang Barcelona lainnya yang terkadang cedera, dia mendapat peluang acak untuk membuktikan diri, dan memanfaatkannya dengan baik.

Cadangan: Rocco Reitz, Borussia Monchengladbach (5,3)

 

3 dari 5 halaman

Gelandang Bertahan: Pape Sarr, Tottenham Hotspur (5,0)

Semakin jauh jarak dari gawang, semakin sulit melihat statistik dan mencari tahu seberapa bagus seorang pemain.

ini terutama berlaku untuk pemain nomor 6, seorang gelandang bertahan yang berperan untuk meredam serangan lawan sebelum sampai ke lini belakang dan memilih umpan yang tepat untuk memulai serangan timnya sendiri.

Di sinilah alat menyenangkan seperti laporan pencarian bakat dan daftar kesamaan pemain di FBref.com bisa berguna.

Itu mengungkapkan hal-hal yang sangat menarik tentang Pape Matar Sarr. Daftar "Pemain Serupa" miliknya di FBRef.com mencakup para veteran yang sangat hebat seperti Federico Valverde dari Real Madrid, Nicolò Barella dan Henrikh Mkhitaryan dari Inter Milan, Adrien Rabiot dari Juventus, dan Gundogan dari Barca. Ini cukup menarik mengingat ia baru berusia 21 tahun.

Memang benar, dia lebih bisa menjadi starter dalam menyerang daripada memadamkan serangan. Namun, Sarr adalah pemain yang menguasai bola dengan baik. Tiga gol serta tiga assist menunjukkan bahwa di saat-saat kekacauan dan transisi, dia juga mampu menimbulkan kerusakan di kotak penalti lawan.

Dia menjadi salah satu pemain terpenting di tim Spurs pertama Ange Postecoglou. Ia cukup muda untuk berkembang lebih jauh dari yang sudah dia miliki.

Cadangan: Eric Martel, Koln (3,9)

 

4 dari 5 halaman

Bek Kiri: Destiny Udogie, Tottenham Hotspur (4,4)

Seorang bek sayap modern diharuskan memberikan sedikit nilai dalam pergerakan bola. Kriteria pemain yang memiliki karakteristik ini adalah Trippier, Trent Alexander-Arnold dari Liverpool, Giovanni Di Lorenzo dari Napoli, dan David Raum dari RB Leipzig. 

Udogie belum mencapai level itu. Tetapi, bisa dilihat dengan jelas bagaimana model tipe xPVA dapat menonjolkan nilai permainannya.

Daftar "Pemain Serupa" Udogie (João Cancelo dari Barcelona, Noussair Mazraoui dari Bayern, dan Alphonso Davies) mengisyaratkan kualitasnya dalam menyerang, begitu pula dengan dua gol dan tiga assistnya. 

Namun, ia adalah salah satu dari hanya tiga fullback, dari segala usia, di Liga Lima Besar Eropa dengan setidaknya lima gabungan gol dan assist, dan setidaknya 340 intervensi pertahanan.

Dua pemain lainnya adalah Antonee Robinson dari Fulham dan rekan setimnya di Spurs, Pedro Porro.

Musim ini Spurs tampak seperti sedang membangun kembali dengan kedatangan pelatih baru, gaya baru, dan tidak adanya Harry Kane di lini depan. Meskipun demikian, Tottenham saat ini memiliki peluang 80% untuk bermain di Liga Champions musim depan, menurut peringkat kekuatan Opta.

Mereka mempunyai peluang 47% untuk finis di empat besar, ditambah peluang 41% untuk finis di posisi kelima. Ada peluang 84% bagi Inggris untuk mendapatkan tambahan tempat di Liga Champions.

Sementara bintang-bintang di lini depan macam Son Heung-Min dan Richarlison punya banyak pengaruh dalam hal itu, kombinasi Sarr-Udogie-Porro juga berkontribusi besar. 

Cadangan: Bradley Lock, Brest (3.7)

 

5 dari 5 halaman

Bek Tengah: Isaak Touré, Lorient (3,7), dan Illia Zabarnyi, Bournemouth (3,3)

Pilihan untuk bek tengah muda cukup terbatas di Lima Liga Besar Eropa. Dari 601 pemain yang mencatatkan setidaknya 100 menit bermain di sana musim ini, hanya 68 yang berusia 21 tahun atau lebih muda.

Gabungkan itu dengan fakta bahwa perhitungan xG+xPVA ini sangat ramah terhadap serangan, dan mungkin tidak memberikan cerita yang bagus tentang bek tengah.

Touré dan Zabarnyi sama-sama tampil luar biasa di dua departemen berbeda tahun ini.

Keduanya sangat dipercaya dalam permainan build-up. Mengingat mereka bermain untuk tim peringkat 15 di Prancis dan tim peringkat 13 di Inggris, keduanya juga diminta untuk melakukan banyak intervensi pertahanan.

Toure memiliki karier yang sangat sibuk untuk seorang pemain yang belum berusia 21 tahun. 

Hanya dalam dua tahun terakhir dia pindah dari Le Havre ke Marseille ke Lorient, dengan status pinjaman ke Auxerre. Setelah bertahan dengan Auxerre, dia tampaknya telah mengambil beberapa langkah maju bersama Lorient.

Sementara itu, Zabarnyi terlempar ke dasar kolam yang dalam. Bournemouth telah kebobolan 52 gol musim ini, terbanyak kelima di Premier League, namun lawannya hanya menguasai 7,3% penguasaan bola di sepertiga akhir lini serang. Ini sebuah tanda permainan build-up yang bagus.

Bournemouth hanya kebobolan satu gol dari serangan balik juga, seri paling sedikit di liga.

Zabarynyi memiliki intervensi, sentuhan, carry progresif, dan umpan progresif paling defensif di tim. Dia melakukan pekerjaannya dengan penuh percaya diri.

Cadangan: Murillo, Nottingham Forest (3.2), dan Giorgio Scalvini, Atalanta (3.2)

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer