Sukses


Sama Seperti Timnas Indonesia, Jerman Juga Akan Rombak Desain Jersey karena Bermasalah

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman mengumumkan bahwa desain nomor 4 pada jersey terbaru akan didesain ulang oleh Adidas. Hal itu disebabkan adanya klaim bahwa jenis font tersebut memiliki kemiripan dengan logo yang pernah digunakan oleh Nazi.

Adidas kabarya telah mengetahui adanya kemungkinan tersebut, bahkan pihaknya sudah melarang siapapun untuk membuat desain dengan nomor 44. Kini, perusahaan asal Jerman itu akhirnya akan mendesain ulang nomor 4 agar tidak dipersalahgunakan.

Adapun nomor 44 dengan font terbaru Adidas di jersey Timnas Jerman menimbulkan kemarahan karena disinyalir mirip simbol petir SS Nazi. Sejarawan Michael Konig menyayangkan pemilihan font tersebut.

Langkah Adidas untuk mendesain ulang font nomor 4 mirip dengan polemik jersey Timnas Indonesia. Bedanya, jersey Timnas Indonesia lebih kepada logo Garuda dan tema secara keseluruhan.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Takut Dipersalahgunakan

Sebenarnya, nomor 44 di Timnas Jerman tidak ada yang menggunakan mengingat pada kompetisi resmi seperti yang terdekat yakni Euro 2024, jumlah nomor yang dipersilahkan adalah dari 1-23 (atau 26 jika UEFA meralat jumlah pemain).

"Tidak ada pemain Jerman yang diperkirakan akan mengenakan nomor punggung 44 karena kaos tim untuk Euro 2024 diberi nomor 1-23. Dalam pertandingan persahabatan baru-baru ini, para pemain mengenakan nomor punggung 4 dan 14," tulis laporan DW Sports.

"Penggemar biasanya bisa melakukan kostumisasi jersey di toko online dengan nama dan nomor. Seperti yang diketahui oleh pengguna media sosial, desain font untuk jersey 44 memiliki kemiripan dengan lambang petir milik Nazi Schutzstaffel (SS)."

"Adidas sudah berhenti menjual kaus dengan nomor yang dipersonalisasi di toko online mereka. Federasi Sepak Bola Jerman mengatakan mereka kini mencoba mengembangkan desain font nomor 4 baru, yang memerlukan persetujuan UEFA."

 

3 dari 3 halaman

Akan Dihapus

Adidas sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan menghapus nomor 44 dari berbagai pilihan penyesuaian mereka.

"Kami akan memblokir nomor 44 secepat mungkin," kata juru bicara Adidas Oliver Bruggen kepada media Jerman.

"Sebagai perusahaan, kami secara aktif menentang xenofobia, anti-Semitisme, kekerasan, dan kebencian dalam bentuk apa pun."

Sumber: DW, Adidas, DFB

Video Populer

Foto Populer