Sukses


Cristiano Ronaldo Tidur Siang Singkat 5 Kali Sehari, Ternyata Ada Alasan Genius di Baliknya

Bola.com, Jakarta - Superstar sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo, buka-bukaan soal rahasia di balik kebugaraannya. Ternyata, salah satu resepnya adalah rutinitas tidur siang yang unik. 

Cristiano Ronaldo masih mencetak banyak gol pada usia 39. Ia mengoleksi 42 gol dalam 43 pertandingan untuk Al Nassr. Kondisi fisik pemain asal Portugal itu masih luar bisa dan tampak siap untuk terus bermain pada usia empat puluhan tahun. 

Dia sangat teliti dalam menjalani diet dan latihan. Tetapi Ronaldo juga sangat menekankan soal waktu istirahat.

Seperti dikutip Sportbible, Kamis (26/4/2024), dia bekerja sama dengan pelatih tidur Nick Littlehales, yang menekankan betapa pentingnya istirahat dalam menjaga kesehatan dan performa. Ronaldo biasanya tidur sejenak selama satu setengah jam sepanjang hari. Total, lima hingga enam kali melakukan tidur siang.

Ia memilih posisi tidur seperti janin. Ini merupakan salah satu posisi tidur yang dianjurkan oleh Littlehales untuk memaksimalkan pemulihan.

Rutinitas tidur siang Cristiano Ronaldo tidak hanya berfungsi untuk istirahat, tetapi juga sebagai bagian dari proses pemulihan yang efektif. Littlehales menjelaskan tidur singkat dapat lebih bermanfaat daripada tidur panjang selama delapan jam, terutama untuk atlet yang memiliki jadwal padat dan butuh pemulihan yang cepat.

 ===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Strategi Khusus

Menurut Littlehales, rutinitas tidur siang Ronaldo bukan hal biasa, melainkan strategi yang dirancang khusus untuk meningkatkan pemulihan. Dalam dunia olahraga yang penuh tekanan dan ketegangan, pemulihan yang cepat dan efektif menjadi kunci kesuksesan.

"Ini adalah cara untuk mengurangi waktu tidur, tetapi untuk meningkatkan pemulihan,” ucap Littlehales.

“Pemain sepak bola memiliki kehidupan pribadi. Olahraga yang mereka mainkan memiliki jadwal yang sangat padat, dan akan terus seperti itu," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Beradaptasi

Ketika pindah ke Al Nassr di Arab Saudi, Ronaldo harus menyesuaikan rutinitas tidurnya dengan jadwal latihan yang lebih siang karena cuaca yang sangat panas. Meskipun tantangan tersebut, Ronaldo berhasil beradaptasi dengan baik dan terus menjaga performa terbaiknya.

Mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu mengakui perubahan jadwal latihan adalah bagian dari tantangan dalam kariernya. Tetapi dia berhasil mengatasi itu dengan baik.

Adaptasi yang sukses ini menunjukkan komitmen Ronaldo untuk terus berusaha menjadi yang terbaik, tidak peduli dengan tantangan apa pun yang dihadapinya.

"Perbedaan terbesar yang saya temukan di Arab Saudi jelas adalah cuaca yang panas dan menyesuaikan jadwal untuk berlatih di sore hari ketika cuaca lebih dingin," ujar Ronaldo kepada LiveScore.

"Tapi, saya sudah benar-benar terbiasa dengan hal itu sekarang," sambung dia. (Arraafi Adna Yudistira)

Sumber: Sport Bible

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer