Sukses


Cerita Heroik Bayer Leverkusen Menuju Treble Winner dan Tak Terkalahkan Semusim: Tim Bermental Baja Racikan Xabi Alonso

Bola.com, Jakarta - Bayer Leverkusen layak disebut sebagai tim terbaik Jerman musim 2023/2024. Mereka keluar sebagai juara Bundesliga musim ini, menghentikan hegemoni Bayern Munchen.

Kisah Bayer Leverkusen musim ini memang ajaib. Mereka sudah mencatatkan 50 pertandinga tanpa terkalahkan di semua kompetisi, memecahkan rekor milik Benfica dan Juventus.

Tim berjulukan Die Werkself belum lama ini menyegel gelar juara Bundesliga pada pekan ke-30, atau empat laga lebih awal. Menghentikan dominasi Bayern Munchen, adalah pencapaian luar biasa dari Leverkusen.

Bayer Leverkusen sangat tangguh di musim ini. Tidak hanya di kompetisi domestik Bundesliga, setelah mereka memastikan gelar juara untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Yuk simak ulasan cerita heroik Bayer Leverkusen dari Bola.com berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Susah Dikalahkan

Bayer Leverkusen menjadi tim yang susah dikalahkan, bahkan oleh tim-tim yang sebenarnya lebih mapan. Di Bundesliga contohnya, mereka tak pernah kalah dalam dua pertemuan terakhir melawan Bayern Munchen.

Leverkusen menahan imbang Bayern 2-2 di Munchen, dan menggilas telak 3-0 di BayArena. Kemudian Borussia Dortmund, finalis Liga Champions musim ini juga dua kali mereka tahan dengan skor identik 1-1 baik kandang dan tandang.

Bergeser ke Liga Europa, Florian Wirtz dkk. menyapu seluruh laga fase grup dengan kemenangan. Lalu mereka menyingkirkan West Ham dan AS Roma untuk memastikan lolos ke final bertemu Atalanta pada 23 Mei 2024. Tak sekali pun Leverkusen jatuh dalam kekalahan di Liga Europa.

Leverkusen sangat berpeluang menutup Bundesliga 2023/2024 dengan status unbeaten, alias tanpa pernah kalah. Sebab mereka akan menjamu tim lemah Augsbug di BayArena, Sabtu (18/5/2024).

3 dari 4 halaman

Mental Baja

Bayer Leverkusen sudah sah menyandang predikat sebagai juara Bundesliga musim ini. Tapi bukan berarti cerita keperkasaan mereka berakhir.

Yaitu mereka sangat sering mencetak gol di menit-menit akhir. Go=gol telat sering mereka dapatkan, dengan hasil kemenangan atau menghindar dari kekalahan.

Secara total anak asuh Xabi Alonso sudah mencetak 14 gol pada masa injury time musim ini. Tidak semuanya terjadi di Bundesliga.

Tiga kali dicatatkan pada ajang Liga Europa melawan Qarabag dan West Ham United. Dua lainnya di DFB Pokal kala bersua klub kecil seperti Ottensen dan Sandhausen. Sisanya di Bundesliga.

4 dari 4 halaman

Kans Treble Winner

Bayer Leverkusen akan bertemu jagoan Italia, Atalanta pada final Liga Europa di Stadion Aviva, Dublin, Kamis (23/5/2024). Jika berhasil menaklukkan La Dea, akan menjadi trofi kedua atau double winner milik Bayer Leverkusen musim ini.

Tidak cukup sampai di situ, tim yang identik dengan warna merah-hitam ini masih punya kesempatan menyabet treble winner alias gelar ketiga dalam semusim. Tiga hari setelah laga versus Atalanta, Leverkusen akan bertemu Kaiserslautern di final DFP Pokal atau Piala Liga Jerman.

Final DFB Pokal 2023/2024 akan dimainkan di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (26/5/2024) dini hari WIB. Mampukah Die Werkself memenuhi ambisi tersebut?

Video Populer

Foto Populer