Sukses


Fakta Gemerlapnya Perang Dortmund Vs Madrid pada Final Liga Champions di Tanah Football Comes Home

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund dan Real Madrid akan bersua pada partai final Liga Champions musim ini. Duel sengit tersebut bakal digelar di tanah football comes home, Stadion Wembley, London, Minggu (2/5/2024) dini hari WIB.

Dortmund sukses menembus final Liga Champions 2023/2024 berkat kemenangan agregat 2-0 atas Paris Saint-Germain. Adapun Madrid berhasil mendepak Bayern Munchen dengan agregat 4-3.

Kini, kedua klub akan saling berhadapan pada laga puncak untuk memperebutkan trofi Si Kuping Besar. Sejauh ini, Borussia Dortmund dan Real Madrid telah 14 kali saling berhadapan di Piala/Liga Champions.

Dari 14 duel tersebut, Los Blancos lebih dominan atas Die Borussen. Madrid berhasil memetik enam kemenangan dan mencetak 24 gol, sedangkan Dortmund hanya meraih tiga kemenangan dan menjaringkan 19 gol.

Andai berhasil meraih kemenangan, Dortmund bakal merengkuh titel juara kedua di Piala/Liga Champions. Di sisi lain, El Real semakin mempertegas hegemoninya dengan meraih titel ke-15 turnamen elite antarklub Eropa tersebut.

Sejumlah fakta menarik tersaji jelang duel Borussia Dortmund kontra Real Madrid di final Liga Champions musim ini. Berikut ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Final Kelima Klub Jerman Vs Spanyol

Duel Borussia Dortmund kontra Real Madrid menjadi pertemuan kelima klub Jerman versus klub Spanyol. Dari empat pertemuan sebelumnya, masing-masing wakil negara tersebut mampu meraih dua kemenangan.

Bayern Munchen mengalahkan Atletico Madrid pada final 1974 dan Valencia pada 2000. Di sisi lain, Real Madrid membungkam Eintracht Frankfurt pada 1960 dan Bayer Leverkusen pada 2002.

 

3 dari 4 halaman

Final Kedelapan di Stadion Wembley

Pertandingan final Liga Champions tahun ini menjadi yang kedelapan di gelar di Stadion Wembley. Edisi perdana final di Stadion Wembley terjadi pada Piala Champions 1963 ketika AC Milan mengalahkan Benfica dengan skor 2-1.

Kemudian Manchester United menang 2-1 atas Benfica pada 1968, Ajax Amsterdam mengalahkan Panathinaikos 2-0 pada 1971, Liverpool menang 1-0 atas Club Brugge pada 1978.

Selain itu, ada juga Barcelona yang menaklukkan Sampdoria dengan skor 1-0 pada 1992, El Barca kembali menang kali ini atas Manchester United 3-1 pada 2011, dan terakhir Bayern Munchen yang memetik kemenangan 2-1 atas Borussia Dortmund.

 

4 dari 4 halaman

Bak Bumi dan Langit

Bicara soal prestasi di Liga Champions, Borussia Dortmund dan Real Madrid memiliki perbandingan bak bumi dan langit. Sejauh ini, Dortmund baru sekali meraih trofi Si Kuping Besar, dan itu terjadi pada 1997.

Di sisi lain, Madrid sudah mengumpulkan 14 gelar juara Piala/Liga Champions. Pencapaian tersebut membuat Real Madrid menjadi klub tersukses di turnamen tersebut.

Tak hanya itu, El Real juga selalu menang dalam delapan final terakhir, dan itu semua terjadi di Liga Champions.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer