Sukses


13 Bintang Sepak Bola yang Mendapuk Cristiano Ronaldo Jadi GOAT: Zinedine Zifdane hingga Kylian Mbappe

Bola.com, Jakarta - Karier Cristiano Ronaldo di kancah sepak bola dunia bergelimang gelar dan prestasi. Tak heran, beberapa nama besar di sepak bola mendapuk Ronaldo sebagai GOAT atau greatest of all time

Setelah merebut lima trofi Ballon d’Or, lima titel Liga Champions, tujuh gelar liga, Euro, dan trofi lainnya yang tak terhitung jumlahnya, tidak ada perdebatan bahwa Ronaldo termasuk di antara pemain terbaik sepanjang masa.

Dia hanya terpaut 109 gol untuk mencetak 1.000 gol dalam kariernya. Pada usianya yang sudah menginjak 39 tahun, dia sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat.

Berikut 13 nama besar dunia sepak bola yang menilai Cristiano Ronaldo adalah yang terhebat sepanjang masa.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

1. Frank Lampard

Legenda Chelsea ini sebelumnya menganggap Lionel Messi sebagai GOAT. Namun, kini ia menarik berubah pikiran. 

“Anda tahu, saya selalu menjadi pendukung Messi,” kata Lampard kepada The Overlap pada 2021.

“Saya benar-benar memikirkan hasil dan angka aktual Ronaldo, serta gol-gol di final besar dan semifinal seperti yang telah kita lihat, saya pikir saya mungkin memberinya keunggulan.”

 

3 dari 11 halaman

2. Steven Gerrard

Seperti Lampard, Gerrard juga mengubah pendapatnya tentang debat GOAT dalam beberapa tahun terakhir. Pelatih Al-Ettifaq tersebut baru-baru ini mencap CR7 sebagai yang terhebat sepanjang masa.

“Kedatangan GOAT begitu kami memanggilnya, Cristiano, dia tiba pada Januari. Tentu saja perekrutannya sangat besar, masih ada banyak hal yang bisa ditawarkan. Dari jauh, selama enam bulan, saya mengamati hasil-hasil Cristiano Ronaldo, menonton beberapa pertandingan, menonton beberapa highlight," kata Gerrard. 

“Saya pikir sejak saat itu, liga di seluruh dunia menjadi topik pembicaraan yang sangat populer bagi semua orang.”

 

 

4 dari 11 halaman

3. Roy Keane

Bahkan ketika segalanya menjadi tidak menyenangkan bagi Ronaldo saat kembali ke Old Trafford, Keane tampaknya selalu mendukungnya ketika bertugas sebagai pundit.

“Saya pikir ada perdebatan besar tentang Ronaldo dan Messi, tapi selama enam bulan terakhir, saya pikir dia berada di level baru, Ronaldo berada sana sendirian. Itu bukan kemampuan alami, secemerlang apa pun dia, itu kerja keras belaka,” kata Keane saat meliput Piala Dunia 2018.

“Dia punya banyak keberanian, dia berani, dan pria itu genius. Saya pikir penampilannya selama beberapa bulan terakhir, saya akan menempatkannya di atas Messi.”

 

 

5 dari 11 halaman

4. Gary Neville

Neville dan Ronaldo memang tidak selalu saling berhadapan, namun mantan kapten Manchester United itu selalu menyebut CR7 sebagai yang terhebat sepanjang masa.

“Dengar, tidak ada keraguan bahwa Messi mencetak banyak gol. Dia pemain hebat,” kata Neville kepada Sky Sports pada tahun 2021.

“Tetapi, Ronaldo mungkin mencetak 30 atau 40 persen lebih banyak dengan kaki yang lemah dan dia mencetak lebih banyak penalti. Jadi itu membawa saya ke titik, dia lebih lengkap dalam hal bagian terpenting dalam permainan." 

“Hal yang lebih membuat dia unggul adalah rekor internasional. Gol internasional terbanyak yang pernah ada. Fakta bahwa dia memenangi gelar lima Liga Champions dengan tim yang bahkan tidak sebagus tim Messi…”

 

6 dari 11 halaman

5. Iker Casillas

Saat diminta menyebutkan nama pemain terbaik era modern, Casillas memberikan jawaban singkat dan manis. “Cristiano. 

7 dari 11 halaman

6. Roberto Carlos

“Saat ini, ketika Anda berbicara tentang sepak bola, Anda berbicara tentang Neymar, Messi, dan Ronaldo dan bagi saya, Cristiano telah berusaha berkembang,” kata Carlos kepada Fox Sports pada 2017.

“Saya melihatnya berlatih setiap hari dan cara dia bekerja sangat menarik. Dia ingin berkembang setiap hari. Itulah bedanya dengan Messi."

“Leo adalah sebuah fenomena, tetapi sisi Cristiano, dalam hal pelatihan, profesionalisme, fokus, motivasi, kesuksesan… Cristiano memiliki keunggulan dibandingkan yang lainnya," imbuh legenda sepak bola Brasil itu. 

 

8 dari 11 halaman

7. Kylian Mbappe

Bukan rahasia lagi Ronaldo adalah idola Mbappe. Penyerang Prancis itu berkali-kali menyebut CR7 sebagai GOAT di media sosial. 

 

9 dari 11 halaman

8. Zinedine Zidane

Segera setelah Ronaldo mengangkat Ballon d’Or kelima, mantan bos Real Madrid itu dengan cepat menyebut bintang Portugal itu sebagai yang terhebat sepanjang masa.

Ditanya apakah Ronaldo adalah GOAT pada 2017, Zidane berkata begini.  “Ya. Angka-angkanya menunjukkan hal tersebut, baik dalam hal apa yang telah ia lakukan dan apa yang masih akan terjadi," ujar Zidane. 

“Tidak ada lagi kata-kata yang dapat Anda gunakan untuk menggambarkan Cristiano. Apa yang dia lakukan sungguh fenomenal."

“Seorang pemain bisa datang ke sini, menghabiskan 20 tahun bermain di tim ini dan masih belum mencapai apa yang telah dia lakukan," imbuh legenda Real Madrid itu. 

 

10 dari 11 halaman

9. Thomas Muller

Ketika ditanya untuk memilih antara Messi dan Ronaldo, Muller berkata singkat. “Saya memilih Ronaldo. Melawan Messi, saya punya statistik bagus, melawan Ronaldo, tidak terlalu bagus.”

 

 

11 dari 11 halaman

10. Ryan Giggs

“Tentu saja saya pernah bermain dengan Cristiano, jadi saya akan memilih Cristiano,” kata Giggs pada 2017.

“Cristiano telah melakukannya di Portugal, dia jelas melakukannya di Inggris dan dia melakukannya di La Liga dan juga di tim nasional bersama Portugal. Saya pikir Cristiano bagi saya hanya mengunggulinya," imbuh legenda Manchester United itu. 

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer