Sukses


Efek Aktivitas Esports Bakal Pengaruhi Trafik Sepanjang Ramadan dan Lebaran

Bola.com, Jakarta - Dunia esports selalu berhubungan dengan akses internet. Hal itu pula yang bakal mempengaruhi trafik sepanjang bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Prediksi tersebut telontar dari VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir SP. Ia berpendapat, efek kegiatan gamers yang semakin meningkat pada bulan puasa dan Lebaran, akan berpengaruh terhadap akses internet.

Tak bisa dipungkiri, dunia esports, terutama di segmen mobile, memberi banyak peluang penambahan trafik. Apalagi nantinya sepanjang Ramadan dan Lebaran, banyak waktu luang serta libur Idul Fitri.

Alhasil, Munir memprediksi aktivitas gamers Tanah Air akan berefek ke dunia trafik. Oleh karena itu, Munir mengakui pihaknya sudah mengantisipasi adanya lonjakan trafik secara bersamaan.

"Kami prediksi kenaikan trafik akan dimulai pukul 16.00 hingga 01.00. Selain media sosial dan aplikasi streaming, kenaikan trafik juga akan disumbangkan dari gamerss," tegas Munir.

Secara umum, guna mengantisipasi kondisi tersebut, Smartfren Telecom melakukan berbagai antisipasi. Langkah yang dilakukan mulai dari uji jaringan 4G LTE Advanced di sejumlah daerah dan menyiapkan tim khusus yang siaga selama 24 jam guna memantau lalu lintas jaringan komunikasi.

Sekadar informasi, gamers berbasis esports di Indonesia bakal menembus angka 12,4 persen pada tahun 2023 alias ada di jumlah 34,6 juta. Sementara itu, khusus gim mobile, pengguna bisa mencapai angka 102,9 juta pada 2023.

Andai melihat dari sisi revennue, pendapatan dari esports di Indonesia menembus angka Rp2,7 triliun pada 2018. Khusus mobile gim, uang yang beredar di segmen bisnis di Indonesia berada di angka Rp9,4 triliun pada 2018.

Sumber: Merdeka.com

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer