Sukses


10 Turnamen dan 10 Tim Esports Terpopuler Dunia versi Twitter

Bola.com, Jakarta - Periode 2019 menjadi satu di antara simbol keberhasilan esports merangsek ke bisnis global. Aneka prosesi launching, baik tim maupun pengembang, plus varian fitur, membuat esports semakin menjadi magnet bagi sebagia besar penduduk di bumi ini.

Walhasil, muncul beragam turnamen dan tim, yang silih berganti. Keriuhan tersebut tak kalah ramai dengan persaingan di area olahraga tradisional lain.

Oleh karena itu, tak heran jika ada beberapa turnamen dan nama tim yang menjulang tinggi sepanjang 2019. Satu di antara cara melihat indikator tersebut adalah keramaian di platform media sosial.

Satu di antara perusahaan media sosial yang meluncurkan statistik terkait esports tersebut adalah Twitter. Situs mikroblogging tersebut mengumumkan beragam level, termasuk dua di antaranya adalah turnamen dan tim paling meramaikan jagad cuitan warganet.

Khusus untuk jenis turnamen, piala dunia-nya League of Legends, alias LOL Worlds 2019, menjadi yang paling populer. Kejuaraan dunia yang berlangsung di Paris, Prancis tersebut mampu memantik atensi para pecinta LOL.

 

2 dari 3 halaman

Perang Bintang

Maklum, Piala Dunia LOL tahun 2019 menjadi pertarungan para bintang. Hal itu berkat kehadiran para individu hebat di dua tim unggulan : FunPlus Phoenix dan tim asal Eropa, G2 Esports.

Pada turnamen LOL Worlds 2019, babak final mempertemukan dua tim tersebut. Alhasil, pertempuran dua tim besar itu menjadi hal yang paling dinanti. FunPlus Phoenix diperkuat bintang asal Korea Selatan, GimGoon yang berperan sebagai Top, lalu player asal China, Tian (Jungle), Mid-nya ada Doinb, ADC menggunakan Lwx, dan Crisp asal China sebagai Support.

Sang lawan juga tak kalah tangguh. Di sana ada percampuran para bintang Eropa, seperti jagoan Top asal Denmark, Wunder. Lalu Jungle dari Polandia, Jankos, Caps (Mid), Perkz dari Kroasia (ADC) dan jagoan Support asal Slovenia, Mikyx.

Pada babak final tersebut, FunPlus Phoenix menjadi jawara setelah unggul 3-0 pada best of five. Selain trofi, sang pemenang membawa pulang hadiah 2,5 juta dolar AS atau sekitar Rp33,75 miliar.

Di bawah LOL Worlds 2019, ada turnamen esports EVO 2019. Turnamen bergengsi yang memanggungkan beragam jenis gim ini berlangsung di Mandalay Bay Las Vegas, Nevada, AS, pada 2 - 4 Agustus 2019. Panitia penyelenggara mempertandingkan Street Fighter V, Tekken 7, dan Dragon Ball FighterZ.

Lalu ada juga beberapa gim yang dirilis anyar, dan langsung dipertandingkan. Beberapa di antara varian tersebut antara lain Soulcalibur VI, Mortal Kombat 11, Samurai Shodown, dan Super Smash Bros. Ultimate.

 

3 dari 3 halaman

Gim Perkelahian

Selain dua turnamen tersebut, ada beberapa kejuaraan dunia lain yang berada di peringkat berikutnya. Termasuk dalam kategori tersebut antara lain Fortnite World Cup 2019, The International 2019, The Overwatch League 2019 Finals, IEM Katowice CS:GO Major, Call of Duty World Championship, LoL MSI 20199. CWL Anaheim dan CWL Miami.

Selain sederet turnamen, ada juga kategori tim-tim esports yang memiliki popularitas tinggi di jagad Twitter. Posisi teratas menjadi milik FaZe Clan. Tim ini memiliki divisi Call of Duty, Counter-Strike: Global Offensive, FIFA, Fortnite Battle Royale, PlayerUnknown's Battlegrounds dan Tom Clancy's Rainbow Six Siege.

FaZe Clan menjadi perhatian publik berkat prestasi di setiap divisi. Selain itu, beberapa divisi memiliki pemain nomor satu. Pada tahun 2019 ini, FaZe Clan sukses mengalahkan G2 Esports sebagai tim paling popular di dunia Twitter.

Adapun 8 tim lain berada di bawah dua raksasa tersebut. Mereka adalah Cloud9, Fnatic, 100Thieves, Team Liquid, Team SoloMid, Flamengo, MAD Lions dan OpTic Gaming.

Sumber : Blog Twitter, Washington Post

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer