Sukses


Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang 2021: Meningkatkan Ekosistem Gamer Perempuan di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Berkembangnya minat memainkan gim Esports di kalangan wanita membuat UniPin Community menggelar turnamen Mobile Legends: Bang Bang khusus perempuan bertajuk Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang 2021. Turnamen itu akan digelar mulai 20 Mei hingga 27 Juni 2021.

Dalam sebuah laporan yang dirilis Newzoo, persentase penggemar gim perempuan saat ini mencapai angka 46 persen. Penonton streaming esports perempuan pun tercatat telah mencapai 30 persen dan diprediksi akan bertumbuh setiap tahunnya. Hal ini menandakan esports tak hanya diminati laki-laki, tapi juga perempuan dan kebutuhan wadah pengembangan industri esports bagi mereka makin besar.

Kondisi tersebut membuat UniPin Community berinisiatif untuk memperluas partisipasi perempuan dalam dunia esports melalui kompetisi yang dibuat secara profesional dan kompetitif. Bermula dari UniPin Ladies Championship (ULC) pada Februari 2021 dan PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA) pada Mei ini, ada sambutan yang positif dari kalangan gamer perempuan.

Senior Vice President UniPin Community Indonesia, Debora Imanuella, menjelaskan bahwa ada sambutan ULC dan PMCA mendapatkan sambutan yang luar biasa. Hal ini menjadi sinyal positif untuk menaikkan level kompetisi yang ada.

"Melihat respons yang sangat positif itu, kami percaya ekosistem esports perempuan akan menjadi makin subur. Antusiasme dari para penggemar serta player memberikan bukti turnamen perempuan perlu mendapatkan tempat yang serius seperti turnamen-turnamen lain," ujar Debora.

"Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang juga bisa menjadi batu pijakan kepada player untuk mengikuti turnamen yang lebih besar atau mixed tournament pada masa mendatang," lanjutnya.

Rencana turnamen ini pun mendapatkan dukungan dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). Ashadi Ang, selaku Head of PR and Communication PBESI, merasa kehadiran Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang 2021 menjadi perwujudkan komitmen mendorong ekosistem esports Indonesia yang lebih aktif dan atraktif.

"Turnamen profesional adalah sinyal bahwa ekosistem esports Indonesia sangat terbuka dan mendukung pertumbuhan gamer perempuan. Tidak hanya sebagai partisipan maupun penggemar, melainkan mendorong mereka untuk aktif sebagai pelaku kompetisi, pemain serta atlet yang dapat menjadi bibit-bibit talenta esports masa depan," ujar Ashadi Ang.

Selain itu, Moonton sebagai pengembang dan penerbit dari permainan Mobile Legends: Bang Bang hadir untuk menunjukkan dukungan penuh secara langsung untuk Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang 2021.

“Kami berkomitmen akan terus mendukung pertumbuhan ladies scene di Indonesia dengan berbagai cara, satu di antaranya melakukan kampanye bersama penyelenggara, dalam hal ini pihak ketiga dan turut menggaungkan kompetisi yang diselenggarakan,” tutur Azwin Nugraha, Head of PR Esports Moonton Indonesia.

Video

2 dari 2 halaman

Skema Kompetisi Ladies Series Mobile Legends: Bang-Bang 2021 dan Hadiahnya

Ladies Series Mobile Legends: Bang Bang 2021 akan digelar dengan sistem open qualifier dengan total hadiah mencapai Rp100 juta. Ada 64 slot yang tersedia dalam babak kualifikasi yang akan terbagi dalam delapan grup. Laga kualifikasi ini akan digelar pada 20 hingga 22 Mei 2021.

Delapan tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak regular season yang digelar pada 27 Mei hingga 13 Juni 2021 dengan sistem liga. Enam tim teratas akan lolos ke babak play-off yang digelar pada 25 hingga 27 Juni 2021. Pada masa play-off, akan dimainkan mode double elimination dengan grand final digelar pada 27 Juni 2021.

Fase kualifikasi dan regular season akan digelar secara online. Sementara babak play-off pada 25 hingga 27 Juni 2021 bakal digelar secara offline.

Dalam turnamen ini tersedia hadiah mencapai total Rp100 juta. Pemenang regular season akan mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta dengan Most Valuable Player (MVP) mendapatkan Rp1 juta. Kemudian semua tim yang melaju ke play-off mendapatkan hadiah Rp4 juta per tim.

Untuk fase play-off, tim yang berhasil menjadi juara akan mendapatkan Rp30 juta, sementara runner-up mendapatkan Rp15 juta, tim peringkat ketiga mendapatkan Rp10 juta, dan MVP pada fase ini mendapatkan Rp5 juta.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer