Sukses


Dari Joe Taslim hingga Gatotkaca, Ini Karakter Gim eSports yang Terinspirasi dari Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia sebagai satu di antara market eSports terbesar di dunia ternyata memiliki andil yang tak kecil. Beberapa karakter gim diketahui terinspirasi dari Tanah Air.

Saat ini gim mobile sedang naik daun. Meski beberapa membutuhkan spesifikasi gawai yang tinggi, hal itu tak menghalangi kesuksesan pengembang gim, baik yang online maupun offline.

PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends: Bang Bang menjadi tiga gim mobile yang paling sukses di pasaran.

Konsol lain seperti PC, PlayStation, atau XBOX pun tetap punya ruang di hati pencinta gim. FIFA, PES, sampai Call of Duty terus digilai oleh masyarakat.

Di balik gegap gempita perkembangan eSports, terselip 'peran' Indonesia. Ada sejumlah karakter gim yang terinspirasi dari figur terkenal Tanah Air.

 

Video

2 dari 4 halaman

Kadita - Nyi Roro Kidul

Kadita disinyalir merupakan penggambaran sosok Ratu Pantai Selatan atau lebih dikenal dengan nama Nyi (Nyai) Roro Kidul. Penampilan fisiknya, yakni perempuan dengan balutan hijau menjadikannya sangat mirip dengan tokoh yang buat sebagian orang diyakini betul keberadaannya.

Kemampuan Kadita juga tergolong optimal. Ia adalah hero dengan skill unik, yakni memberikan damage dan membuat lawan jadi lambat dalam bergerak.

Kekuatan lainnya adalah immunity level yang sangat tinggi, sehingga ia sulit terbunuh. Belakngan Kadita masuk dalam kategori support.

3 dari 4 halaman

Jota - Joe Taslim

"Kehadiran karakter lokal di dalam gim Free Fire sudah menjadi keinginan para pemain Indonesia sejak lama dan akhirnya sekarang kita berhasil mewujudkan keinginan tersebut. Garena Free Fire Indonesia sendiri sangat senang bisa bekerja sama dengan aktor kebanggaan Tanah Air, Joe Taslim dalam pembuatan karakter Jota ini," ujar Christian Wihananto, Produser Garena Free Fire. 

"Melalui karakter Jota, kita berharap tidak hanya dapat menjadi lebih dekat dengan pemain Indonesia, tetapi juga dapat memperkenalkan Indonesia kepada pemain Free Fire di seluruh dunia. Pada tanggal 16 Maret nanti, kita juga akan menghadirkan event in-game spesial Pesta Jota untuk membagikan karakter Jota secara GRATIS."

Joe Taslim pada kesempatan ini juga menambahkan bahwa ia senang dan bangga setelah mengetahui bahwa dirinya dijadikan karakter dalam gim Free Fire. Ia berharap, survivors dari Indonesia bisa turut bangga.

"Setelah melihat popularitas Free Fire secara lokal hingga global, saya senangnya bukan main ketika dihubungi oleh tim Garena untuk menghadirkan karakter Jota ini. Menjadi kebanggan tersendiri juga untuk saya pribadi bisa menjadi model dari karakter lokal pertama ini. Semoga seperti saya, seluruh pemain Free Fire di Indonesia dapat merasa bangga dengan hadirnya karakter lokal Jota di dalam Free Fire," kara Joe Taslim

Karakter Jota dalam gim Free Fire adalah seorang ahli parkour dan akrobat yang dibekali dengan skill Sustained Raids. Jika melakukan kill menggunakan SMG atau Shotgun, Jota dapat langsung memulihkan dirinya hingga 40 HP. Skill ini membutuhkan waktu cool down selama 5 detik.

4 dari 4 halaman

Gatotkaca

Karakter Gatotkaca diciptakan sebagai apresiasi Mobile Legends terhadap budaya Indonesia, sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Fendy, Country Manager Mobile Legends untuk Indonesia, mengungkap, proses penentuan karakter hero baru ini melalui tahapan menantang, seperti riset mendalam dan hasil pemungutan suara dari para pemain. Bukan itu saja, karakter legendaris ini juga dibuat berdasarkan hasil kerja sama dengan kartunis lokal, Yuniarto.

"Khusus untuk karakter hero GatotKaca ini, kami menambahkan voice over dengan kalimat-kalimat yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti unity in diversity, no pain no gain, atau om telolet om yang populer di sini," kata Ferdy dalam keterangannya, Kamis (20/7/2017) di Jakarta.

Peluncuran karakter hero baru ini diperkenalkan dengan cara unik, yakni dengan melakukan cosplay flash-mob tempat menarik di Jakarta, seperti pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, dan lain-lain. Tujuannya agar masyarakat mudah mengenal sebagian karakter hero yang sudah ada di Mobile Legends, termasuk GatotKaca.

"Dengan model perkenalan seperti itu, kami berharap masyakarat dapat melihat langsung hero GatotKaca, serta aksi-aksi seru para hero Mobile Legends, dan mengambil foto bersama. Sesuai slogan peresmian karaker pahlawan GatotKaca, yakni Hero untuk Indonesia!, maka kami ingin lebih dekat dengan masyarakat Indonesia," pungkas Fendy.

Video Populer

Foto Populer