Sukses


Kreator Konten Jadi Incaran Utama : Wow, Total Waktu Menonton Esports Sepanjang 2023 Tembus 2,76 Miliar Jam

Bola.com, Jakarta - GameSquare Holdings, melalui platform analitik yang dimilikinya, Stream Hatchet, telah menerbitkan laporan tren game dan esports tahunan sepanjang 2023. Laporan tersebut menyoroti banyak hal istimewa dari industri serta turnamen.

Ada satu yang membuat beberapa kalangan tercengang, yakni waktu total menonton di kalangan penggemar esports. Sepanjang 2023, kategori esports menyentuh angka 2,76 miliar jam tontonan.

Angka tersebut meningkat 75 persen dibandingkan data tahun 2020. Fakta tersebut meningkat dari tahun lalu, yang berjumlah 2,65 miliar jam tontonan. Menurut data Stream Hatchet, sepertiga dari konten esports yang ditonton pada tahun 2023 datang melalui saluran co-streaming milik kreator konten.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 3 halaman

Tumbuh Pesat

Kondisi itu menunjukkan pertumbuhan pesat konten dan acara yang didorong para kreator konten esports. Tiga di antara individu yang berpengaruh besar dalam riset tersebut adalah streamer Nix (Dota 2), Tarik (VALORANT) dan Scump (Call of Duty).

Tiga individu tersebut memiliki acara khusus di masing-masing kanal. Terungkap, ketiganya berhasil mempesona dengan pilihan gim yang digandrungi banyak orang, berbagai gimmick serta interaksi berhadiah.

Selain para streamer, gim-gim juga mendapat porsi riset. Fakta mengungkapkan, League of Legends masih berada di posisi teratas, dengan catatan waktu menonton 1,6 miliar jam.

Di luar sektor esports, temuan penting lainnya termasuk pembuat konten Ibai ‘ibai’ Llanos. Ia memiliki rata-rata penonton tertinggi pada 2023 dengan 77.000 orang. Streamer wanita yang paling banyak ditonton adalah Samy Rivera (rivers_gg) dengan rata-rata 23.000 penonton.

 

3 dari 3 halaman

Sesuai Prediksi

Pada awal 2023, Stream Hatchet merilis Laporan Tren Live-Streaming Esports di kuartal pertama. Kala itu, sinyal positif sudah muncul, yang menandakan peningkatan jumlah live streaming dan konten yang didorong kreator konten.

Hal ini konsisten dengan laporan terbaru, yang menyatakan acara dengan sentuhan kreator konten mencatatkan rata-rata penayangan yang lebih tinggi dibandingkan beberapa acara esports terkemuka. Justin Kenna, CEO GameSquare, mengomentari laporan tersebut: “Live streaming adalah kekuatan pendorong yang kuat dalam evolusi ekonomi kreator," katanya.

Justin menyebut, karakter kreator konten dan audiens terkini sudah berbeda dibanding beberapa tahun lalu. Mereka lebih senang berinteraksi, sehingga mengubah lanskap. "Artinya, mereka lebih ingin intim atau personal," sebutnya.

Sumber : Esportsinsider

Video Populer

Foto Populer