Sukses


3 Gim yang Mungkin Luput dari Pantauan Meluncur Dalam Rentang Satu Dekade Terakhir

Bola.com, Jakarta - Satu dekade terakhir menjadi bagian penting dari pengembangan dunia gim. Proses perubahan, terutama semakin maraknya varian esports, memiliki nuansa yang memberi keragaman.

Banyak gim-gim yang meluncur dari berbagai distributor dan pengembang. Indonesia berstatus satu di antara negara dengan tingkat penetrasi tinggi. Jumlah penduduk menjadi potensi bagi para pencipta gim untuk memasarkan produk mereka.

Tentu saja, ada yang gagal, dan banyak juga yang berhasil. Pada 10 tahun terakhir, banyak gim yang bermunculan dengan mengincar segmen komunitas. Gim seperti Baldur's Gate 3 dan Elden Ring menjadi catatan khusus ; meski tak terkenal, punya basis massa istimewa.

Selain itu, satu dekade terakhir juga menjadi saksi proses kembalinya beberapa waralaba favorit penggemar seperti Prince of Persia ; The Lost Crown, dan Alan Wake. Nah, di atara judul-judul gim yang sudah menyapa publik, ada beberapa yang sebenarnya oke, tapi kurang mendapat atensi, terutama dari publik Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 4 halaman

Latar Tiongkok

Satu di antaranya adalah Wo Long: Fallen Dynasty. Gim ini bisa dimainkan di platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC. Wo Long: Fallen Dynasty meminjam banyak elemen dari Nioh 2 dan Sekiro: Shadows Die Twice.

Gim ini mengambil latar negeri Tiongkok, yang memiliki visual luar biasa. Desain visual gim ini mendapatkan banyak pujian. Sayang, peluncuran gim ini tak optimal, sehingga ditengarai menjadi penyebab Wo Long tak terlalu familiar.

Pada 2023, gim ini mengalami perubahan signifikan, dan berharap akan memiliki kinerja lebih bagus pada 2024. Ada lagi gim lain yang belum banyak beredar, padahal sudah diluncurkan, yakni Returnal.

 

3 dari 4 halaman

Luar Angkasa

Gim ini menggunakan platform PS5 dan PC. Returnal membawa para pemain ke pengalaman luar biasa berperang di zona luar angkasa.

Returnal mengajak user menikmati petualangan luar angkasa. Visual permainan sangat baik dan memberikan kesan hidup. Gameplay pertempuran juga sangat menarik, karena memiliki level 'kekacauan' tinggi.

Artinya, saat pertempuran terjadi, banyak kejutan yang akan membuat pemain harus punya strategi khusus. Maklum, dari beberapa komentar, perang di zona Returnal membuat para pemain kewalahan.

 

4 dari 4 halaman

Zona Bertempur

Satu di antara kunci yang biasanya menjadi pilihan user adalah selalu bergerak ketika baku tembak. Langkah itu bisa menyelamatkan hidup. Layak dicari lalu dicoba lho.

Terakhir, ada gim Ultrakill. Platform yang cocok adalah Linux, Amazon Luna, dan Microsoft Windows. Gim ini menjadi satu di antara genre terbaik di FPS sepanjang 2023. Judul ini mengambil banyak inspirasi dari Doom.

Pada gim Ultrakill, para user bermain layaknya cyborg alias polisi robot. Zona pertempuran tergolong bagus, dengan varian lokasi yang tak membosankan.

Sumber : Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer