Sukses


Kota Piala Eropa 2016: Saint-Denis

Bola.com — Saint-Denis terletak di sebelah utara kota Paris, Prancis. Menurut catatan sejarah, kota ini awalnya merupakan desa kecil bernama Catolacus, sebelum mengadopsi nama Denis, seorang santo legendaris Romawi yang dimakamkan di bukit Montmartre pada 250 Masehi.

Makam Santo Denis kemudian dijadikan tempat ziarah bagi umat Kristiani setelah bertransformasi menjadi Katedral Basilica of St Denis. Seiring perjalanannya, Basilica of St Denis, pun menjadi makam beberapa raja Prancis, mulai dari Clovis I (465-511) hingga Louis XVIII (1755-1824).

Selama periode revolusi Prancis, Saint-Denis berubah nama menjadi Franciade lantaran muncul penolakan sentimen agama pada 1793. Akan tetapi, pada 1803, Napoleon Bonaparte, kembali mengubah nama kota tersebut menjadi Saint-Denis setelah revolusi Prancis berakhir.

Katedral Basilica of Saint-Denis. (UEFA).

Saint-Denis berkembang menjadi salah satu kota industri pada abad ke-19. Hal itu tidak terlepas dari pembangunan Kanal Saint-Denis pada 1824 dan jalur kereta api yang menghubungkan dengan kota-kota besar di Prancis pada 1843.

Pemerintahan kota dibentuk pada 1892 dengan nama La Ville Rouge yang anggotanya sebagian besar berasal dari partai komunis. Namun, setelah Prancis kalah dalam Perang Dunia II, Saint-Denis diambil alih Jerman. Pasca-perang, Saint-Denis pun dilanda krisis ekonomi panjang.

Pusat kota Saint-Denis, Prancis. (UEFA).

Perekonomian kota berpenduduk 110 ribu jiwa itu mulai membaik memasuki era 1990-an. Pembangunan Stade de France yang dijadikan stadion utama untuk pagelaran Piala Dunia 1998, semakin membuat Saint-Denis menggeliat dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi serta infrastruktur.

Pembangunan stadion juga memengaruhi antusiasme masyarakat Saint-Denis terhadap sepak bola. Apalagi, kini masyarakat dari berbagai belahan Prancis harus mengunjungi kota tersebut karena pertandingan Paul Pogba dan kawan-kawan sering digelar di Stade de France.

Data Kota

Nama : Saint-Denis
Provinsi : Ile-de-France
Populasi : 110.000 jiwa
Ketinggian: 34 meter di atas permukaan laut

Jarak ke Venue Euro 2016 lain

Paris : 15 km
Lens : 195 km
Lille : 215 km
Lyon : 480 km
Saint-Etienne : 540 km
Bordeaux : 600 km
Toulouse : 695 km
Marseille : 790 km
Nice : 955 km

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer