Sukses


Neuer Tak Pikirkan Jabatan Kapten Jerman di Piala Eropa 2016

Bola.com, Evian - Kiper tim nasional Jerman, Manuel Neuer, tidak terlalu memikirkan jabatan kapten yang mungkin akan diembannya pada Piala Eropa 2016. Menurut Neuer, siapapun yang bermain memiliki tanggung jawab terhadap tim.

Neuer sejatinya bukan kapten utama Der Panzer. Setelah Philipp Lahm pensiun dari level internasional pada musim panas 2014, jabatan kapten diberikan kepada Bastian Schweinsteiger.

Akan tetapi, kondisi Schweinsteiger diragukan untuk tampil sebagai pemain inti pada Piala Eropa 2016. Pemain Manchester United ditengarai tidak dalam kondisi terbaik karena baru pulih dari cedera jelang musim lalu berakhir.

"Joachim Low tidak pernah membicarakan hal ini kepada para pemain, bahkan kepada saya secara personal. Tidak penting siapa yang akan menjadi kapten jika Schweinsteiger tak bermain sejak menit pertama," ujar Neuer.

"Kami memiliki banyak pemain yang punya peran cukup besar. Setiap pemain sadar akan tanggung jawab di lapangan. Jadi, kami bisa tetap menemukan ritme dalam sebuah pertandingan," lanjutnya.

Neuer menjalani debut bersama Jerman saat menghadapi Uni Emirat Arab pada laga persahabatan, 2 Juni 2009. Hingga kini, pemain Bayern Munchen itu telah merasakan 64 laga internasional bersama Der Panzer.

"Sebagai penjaga gawang, saya mempunyai tanggung jawab. Saya memimpin tim ini selama beberapa tahun. Tugas saya membawa tim ini, termasuk para pemain muda, agar cepat beradaptasi," kata Neuer.

"Saya ingin segalanya berjalan sesuai rencana di lapangan. Saya merupakan tipe penjaga gawang yang banyak berbicara, tidak hanya di dalam melainkan juga di luar lapangan," ujar eks kiper FC Schalke 04 itu.

Jerman berada di Grup C Piala Eropa 2016 bersama Polandia, Irlandia Utara, dan Ukraina. Pada laga pertama, Neuer dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Ukraina di Stade Pierre Mauroy, Lille, Minggu (12/6/2016) atau Seninn dini hari WIB.

Sumber: Soccerway

Video Populer

Foto Populer