Sukses


Kabar dari Prancis: Ratu Elizabeth Tak Ketinggalan Dukung Inggris

 

Laporan Langsung Ekin Gabriel, Koresponden Bola.com, dari Kota Marseille Kota Marseille, Prancis, Sabtu (11/6/2016) siang, terasa istimewa menjelang laga Grup B Piala Eropa 2016 antara tim nasional Inggris melawan Rusia, Sabtu (11/6/2016). Para pedagang, suporter kedua tim, hingga Ratu Elizabeth II pun tak ketinggalan memeriahan suasana.

Loh, Ratu Elizabeth? Yup. Namun, Ratu Elizabeth yang saya maksud bukanlah orang sungguhan, melainkan "Ratu Elizabeth" tiruan yang dibawa salah satu suporter skuat The Three Lions. Beberapa suporter Inggris lainnya pun terlihat mencoba untuk mengabadikan momen bersama sang "ratu". 

Saya tiba di Vieux-Port, Marseille, pukul 13.15 waktu setempat. Begitu keluar dengan eskalator usai menaiki kereta bawah tanah, atmosfer Piala Eropa kian terasa. Estetika kota pelabuhan, lengkap sandaran perahu-perahu di dermaga, membuat hati saya semakin tak sabar menyaksikan laga Inggris kontra Rusia.

Keindahan Marseille memang tidak perlu diragukan lagi karena banyaknya tempat bersejarah lantaran kota tersebut menjadi salah satu pusat perdagangan Prancis sejak 600 SM. Ketika saya tiba, aktivitas para pedagang ikan di pinggir dermaga pun menjadi pemandangan yang biasa. 

Suasana kota Marseille, Prancis, menjelang pertandingan tim nasional Inggris melawan Rusia, Sabtu (11/6/2016). (Bola.com/Ekin Gabriel).

Saya kemudian melanjutkan perjalanan ke salah satu pusat keramaian kota. Atmosfer Piala Eropa semakin terasa begitu melihat suporter-suporter Inggris berjalan mondar-mandir sembari memakai seragam serta membawa spanduk serta bendera kebesaran Saint-George. 

Apalagi ketika melihat maskot Piala Eropa, Super Victor, di salah satu sudut tempat tersebut. Beberapa suporter serta pengunjung, termasuk saya sendiri, bahkan tak kuasa menahan keinginan untuk berfoto bersama dengan maskot yang lengkap dengan kostum bersayapnya itu.

Maskot Piala Eropa 2016, Super Victor, turut memeriahkan laga tim nasional Inggris melawan Rusia, di Marseille, Sabtu (11/6/2016). (Bola.com/Ekin Gabriel).

Saat ingin bersantap siang di salah satu cafe, beberapa petugas keamanan berjaga-jaga. Maklum, pada Jumat (10/6/2016), Hooligans Inggris sempat menjadi pemberitaan utama media-media Prancis setelah membuat kericuhan dengan masyarakat setempat dan polisi. 

Dikabarkan sekitar 1.000 polisi berjaga-jaga di sekitaran pusat kota Marseille demi menjaga keamanan menjelang pertandingan Inggris melawan Rusia. Akan tetapi, meski berada dalam penjagaan ketat tersebut, antusiasme para suporter tidak hilang, justru semakin meriah. 

Hal itu terlihat saat saya mencoba berkomunikasi dengan salah satu kelompok suporter Inggris. Mereka tampak ramah dan bahkan tidak menolak ketika diajak berfoto serta mendokumentasikan dalam bentuk video, meski gelas plastik berisi bir berada di genggaman tangannya. 

Berbagai interaksi serta keindahan kota Marseille pun membuat saya tak sadar waktu berjalan begitu cepat. Ketika senja mulai muncul, saya memutuskan untuk beristirahat di salah satu kedai untuk sekadar menyelonjorkan kaki sembari menyiapkan tenaga untuk menuju stadion. 

Ingin tahu kelanjutan cerita mengenai serunya pengalaman menyaksikan pertandingan Wayne Rooney dan kawan-kawan menghadapi tim nasional Rusia secara langsung, di Stade Velodrome, Marseille? Ikuti terus laporannya dalam liputan khusus Piala Eropa 2016, di Bola.com

Ekin Gabriel, pecinta PSMS Medan, Manchester United, tim nasional Indonesia, Inggris, dan Jurgen Klopp. Twitter: @ekinetic 

 

Video Populer

Foto Populer