Sukses


Kabar dari Prancis: Diskon Gara-gara Malaysia

 

Laporan langsung jurnalis Bola.com, Ary Wibowo dan Vitalis Yogi Trisna, dari Paris, Prancis Hubungan Indonesia dengan Malaysia sejak beberapa tahun lalu memang sering naik turun. Generasi baru Malaysia terkadang menganggap rendah Indonesia, sementara situasi sama pun berlaku sebaliknya jika bicara mengenai tanggapan masyarakat Indonesia.

Berbagai faktor sejarah hingga sejumlah warga negara Indonesia yang bekerja sebagai pembantu atau pekerja kasar di Malaysia ditengarai menjadi penyebab utama. Tidak hanya dalam masalah kenegaraan, rivalitas keduanya pun merambah hingga urusan sepak bola.

Namun, hubungan Indonesia dan Malaysia tak melulu soal aroma persaingan, tetapi juga bisa menjadi "berkah" tak terduga dalam kehidupan. Hal itulah yang Bola.com alami pada saat ingin membeli makanan ringan di salah satu cafe di Vendome, Paris,. 

Untuk ukuran Indonesia, beberapa makanan ringan di Paris memang terbilang cukup mahal. Minuman mineral saja harganya berkisar 1 euro (sekitar Rp 15 ribu), sementara minuman-minuman bersoda yang biasanya dijual tak lebih dari Rp 10 ribu, bisa naik tiga kali lipat.

"Anda dari Malaysia?" tanya petugas kasir toko makanan dan minuman ringan tersebut. "Bukan. Coba tebak, saya berasal dari mana," jawab Bola.com.

Tanpa berpikir panjang, kasir itu pun langsung menyebut Indonesia. Menurut dia, "Tipe-tipe wajah Anda dengan orang malaysia itu sama. Saya beberapa sering bertemu dan mempunyai teman dari Malaysia."

Perbincangan pun berlanjut dengan beberapa pertanyaan seputar Prancis dan kota Paris. Hingga pada akhirnya, pertemuan singkat ini berujung dengan adanya potongan harga ketika ingin membayar pesanan kopi.

"Cukup 1 euro saja, tetapi angan bilang kepada bos saya kalau dia ada di sini," kata sang kasir. Padahal, di belakangnya terpampang harga 1,7 euro untuk segelas kopi. Ah, syukurlah, mungkin saja orang Malaysia atau keramahan orang Indonesia cukup berkesan bagi dia.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer