Sukses


4 Nasib Portugal di Fase Semi Final Piala Eropa

Bola.com, Marseille - Portugal melaju ke babak semi final Piala Eropa 2016 setelah menyingkirkan Polandia, di Stade Velodrome, Marseille, Kamis (30/6/2016) atau Jumat (1/7/2016) dini hari WIB. Pencapaian ini menjadi yang ke-5 dari tujuh partisipasi terakhir mereka pada pentas turnamen antar-negara se-Eropa tersebut.

Pada 4 kesempatan tersebut, Portugal hanya sanggup sekali melangkah ke final, yakni kala mereka berstatus tuan rumah Euro 2004. Sayang, pada laga puncak, Seleccao takluk dari tim kejutan, Yunani dengan skor 1-0.

Berikut 4 nasib Portugal kala berada di semi final Piala Eropa:
1. Piala Eropa 1984
Portugal melangkah ke semi final setelah menekuk Rumania pada 8 Besar dengan skor 1-0. Sayang, langkah mereka terhenti di tangga empat besar. Portugal gagal melewati adangan Prancis, dan menyerah dari Prancis dengan skor 2-3.

Pertandingan berjalan alot, dan harus selesai pada perpanjangan waktu. Gol pertama di Stade Velodrome terjadi pada menit ke-24 via aksi Domergue. Portugal membalas via Jorado pada menit ke-74.

Jordao mencetak gol kedua pada menit ke-98. Sayang, keunggulan Portugal tak berlangsung lama. Domergue mencetak gol pada menit ke-114. Michel Platini mengubur mimpi Portugal melalui golnya pada menit ke-119.

2. Piala Eropa 2000
Lagi-lagi Prancis menjadi batu karang bagi Portugal. Stadion King Baudouin, di kota Brussels (28/6/2016), menjadi saksi. Bentrok kedua negara berakhir melalui perpanjangan waktu. Portugal unggul lebih dulu melalui Nuno Gomes pada menit ke-19.

Usai rehat, Prancis membalas via aksi Thierry Henry pada menit ke-51. Pada perpanjangan waktu, Zinedine Zidane kembali mengubur harapan Seleccao untuk menggapai final. Zizou menjebol jala lawan melalui penalti pada menit ke-117.

3. Piala Eropa 2004
Status tuan rumah membuat Portugal menjadi unggulan. Sempat mengkhawatirkan kala takluk 0-1 pada partai pembuka, Cristiano Ronaldo dkk bangkit. Mereka menggapai semi final.

Kali ini Portugal melangkah ke semi final setelah menekuk Belanda dengan skor 2-1. Cristiano Ronaldo membuka skor pada menit ke-26, diikuti Maniche (58'). Gol Belanda berasal dari aksi bunuh diri Jorge Andrade, 5 menit usai gol kedua tuan rumah. Portugal gagal mendapatkan gelar juara setelah secara mengejutkan takluk dari Yunani.

4. Piala Eropa 2012
Setelah gagal pada Piala Dunia 2010, Portugal datang ke Polandia-Ukraina dengan kekuatan yang tak jauh berbeda. Hebatnya, mereka mampu melaju ke semi final. Kali ini Spanyol menjadi penghalang langkah ke final.

Portugal takluk melalui adu penalti dengan skor 2-4, setelah kedua tim bermain tanpa gol sepanjang 120 menit. Pada adu tos-tosan, dua penendang Seleccao gagal, yakni Pepe dan Bruno Alves.

Sumber: Berbagai sumber

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Video Populer

Foto Populer